TELAAH LITERATUR: TANTANGAN DAN STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA GENERASI Z
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44829Keywords:
Generasi Z, Pendidikan, Tantangan abad 21Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tantangan-tantangan yang dihadapi dalam upaya pengembangan keterampilan abad 21 pada Generasi Z. Melalui metode studi literatur, penelitian ini mengkaji berbagai sumber ilmiah terkait karakteristik Generasi Z, kebutuhan keterampilan abad 21 dalam konteks global, serta strategi dan hambatan dalam implementasi pendidikan berbasis keterampilan tersebut. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan utama, di antaranya: kesenjangan digital, ketidaksesuaian antara kurikulum pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja, kurangnya integrasi teknologi dalam pembelajaran, metode pengajaran konvensional yang kurang relevan, serta perbedaan karakteristik belajar Generasi Z yang membutuhkan pendekatan berbeda. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pendidik, institusi pendidikan, dan pemangku kebijakan untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih adaptif, kolaboratif, dan terintegrasi dengan teknologi digital guna mempersiapkan Generasi Z menghadapi tantangan global di abad 21.References
Akmalia, R., Oktapia, D., Elitia, E. H., Hasibuan, I. T., Azzahrah, N., & Tri, S. A. H.. (2022). Pentingnya Evaluasi Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358. Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V5i1.11661
Arianti, N., Pramudita, D. A., Informatika, P. T., & Surakarta, U. M. (2022). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Melalui Kerangka Community Of Inquiry Dengan Model. Jurnal Pendidikan. 14(1), 65–73. Https://Doi.Org/10.26418/Jvip.V14i1.50290
Arkanudin, A., Ahmad, H. B., & Asmuni. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Model Pembelajaran Keterampilan Abad Ke-21 Mata Pelajaran Fiqh. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 189-214. Https://Doi.Org/10.62448/Ajpi.V1i2.92
Badriyah, L., (2025). Relevansi Pemikiran Ibnu Khaldun Dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 8 (1), 1338-1346.
Belvar, A. N., Lestari, R. V. A., Diba, F. F., & ZA, M. F. (2024). Problematika keterampilan membaca pada generasi Z. Arima: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(3), 195-204. https://doi.org/10.62017/arima
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. Https://Doi.Org/10.58812/Spp.V1i02.110
Chusna, I. F., Aini, I. N., Putri, K. A., & Elisa, M. C. (2024). Literatur review: Urgensi keterampilan abad 21 pada peserta didik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(4), 1-1. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i4.2024.1
Hanipah, S. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 264-275. Https://Doi.Org/10.55606/Jubpi.V1i2.1860
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia?. Jamika: Jurnal Manajemen Informatika, 10(1), 12-28. https://Doi.Org/10.34010/Jamika.V10i1
Hudha, C., Wulandari, P., & Rachmawati, S. (2024). Kerapuhan Literasi: Paradoks Transformasi Digital Di Kalangan Generasi Z. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 429-441.
Jayadi, A., Desy H.S., & Henny, J., (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sma Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika. 3 (1) : 25-32.
Juniarty, S., Ade, Z. A., Ichsan, F. R. (2024). Mewujudkan Literasi Digital Pada Generasi Z: Tantangan Dan Peluang Menuju Pendidikan Berkualitas Sdgs 2030. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 166-180. Https://Doi.Org/10.61722/Jmia.V1i3.1383
Maha, M., & Fatiya, N. (2024). Pengembangan Literasi Digital Di Dayah Perbatasan. Al Mabhats: Jurnal Penelitian Sosial Agama, 9(1), 33-48. Https://Doi.Org/10.47766/Almabhats.V9i1.3208
Mantau, B.A.K., & Sitti, R.T. (2023). Pengintegrasian Keterampilan Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran (Literatur Review). Irfani : Jurnal Pendidikan Islam, 19 (1). 86-107
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Masrukin, Ahmad, M., & Rifa A. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Islam pada Generasi Z. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 8(1), 2662-2668.
Maulidia, L., Nafaridah, T., Ahmad, Ratumbuysang. Monry FN, & Sari, E. M. (2023). Analisis Keterampilan Abad Ke 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Bajarsari. Seminar Nasional (PROSPEK II), Prospek II, 127–133. View of Analisis Keterampilan Abad Ke 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Banjarmasin
Mayasari T., Asep K., Dadi R., & Ida K. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21?. Jurnal Universitas Pgri Madiun, 2 (1) : 48-55
Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Keterampilan Abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37–58. Https://Doi.Org/10.35316/Alifmatika.2020.V2i1.37-58
Putranto, F. K. H. (2024). Peran Pembelajaran Informatika Dalam Menumbuhkan Pemahaman Literasi Digital Pada Siswa. Jurnal Tahsinia, 5(8), 1131-1142. Https://Doi.Org/10.57171/Jt.V5i8.592
Putri, M.A., Cahyorini, W., Annisa, R. F., (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Stem Berbahan Loose Parts Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Pada Anak Usia Dini. Jurnal Of Islamic Early Childhood Education. 2(2) : 118-130
Putri Putri, R. R., Asrizal, Desnita, & Sari, S. Y. (2019). Efek Lks Ipa Bermuatan Keterampilan Belajar 4c Tema Kesehatan Pernapasan Dan Ekspresi Kita Pada Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smpn 7 Padang. Pillar Of Physics Education, Https://Ejournal.Unp.Ac.Id/Students/Index.Php/Pfis/Article/View/6568
Rawung, W. H., Deitje, A. K., Viktory, N. J. R. & Jeffry, S. J. L. (2021). Kurikulum Dan Tantangannya Pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 29-34.
Soleh, A. R., & Zainal, A. (2021). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Pada Konsep Community Of Inquiry. Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama. 13(2) : 473-490
Sugiarti, L., Arif, A., Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 Di Sd. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439-444
Tuada, N. J., & Raihani, N. P. (2025). Generasi Z, Tantangan dan Peluang Bagi Pendidikan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 5(1), 224-234. https://doi.org/10.55606/cendikia.v5i1.3517
Wada, F. H., Anna, P., Mara, I. S. H., Sri, L. Gede, I. S., Jonherz, S. P., Yoseb, B. Ferdinan, Jayanti, P., Erlin, I. & Rahman. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Wulandari, S., Sawita, N., & Rustam, R. (2022). Efektivitas Blended Learning Berbasis Proyek Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 211–221. Https://Doi.Org/10.52060/Pgsd.V5i1.865
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nurazizah, Siti Herlina Hajali, Aulia Natasya, Ria Oktaviani, Usman Usman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




