PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI ORGAN GERAK MANUSIA DAN HEWAN DI KELAS V SDN 1 PONELO KEPULAUAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25932Keywords:
Modul IPA, Etnosains, Organ Gerak Manusia, SDN 1 Ponelo KepulauanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul IPA yang berbasis etnosains dan mengevaluasi kelayakan modul yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model 4D. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, dan penggunaan instrumen penelitian. Hasil dari penelitian pengembangan modul IPA berbasis etnosains menunjukkan bahwa modul ini telah dinyatakan sangat layak berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Validasi ahli media memberikan persentase kelayakan sebesar 91%, validasi ahli materi sebesar 83%, dan validasi bahasa sebesar 92,1%, dengan semua persentase tersebut memenuhi kriteria sangat layak. Akumulasi hasil validasi dari ketiga ahli tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan mencapai persentase kelayakan rata-rata sebesar 89%, dengan kriteria sangat layak. Hasil ini mengindikasikan bahwa pengembangan modul IPA berbasis etnosains ini sangat cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran, dan dapat membantu peserta didik memahami materi mengenai organ gerak manusia dan hewan serta etnosains karawo Gorontalo. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan pendekatan etnosains dalam penyusunan materi pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan dengan budaya lokal, seperti karawo Gorontalo, untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar peserta didik.References
Azizi, A., Sarjan, M., Rasyidi, M., Muliadi, A., Hamidi, Fauzi, I., Yamin, M., Muttaqin, M. Z. H., Ardiansyah, B., Rahmatiah, R., Sudirman, & Khery, Y. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Filsafat dalam Pengembangan Potensi Lokal untuk Pembelajaran Masa Depan. LAMBDA?: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 2(3), 102–110.
Fiantika, F. R. (2017). Sebuah Rekam Jejak Proses Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Video Animasi 3D Portofolio. Jurnal Math Educator Nusantara, 8(76), 1–4.
Fiteriani, I., Ningsih, N. K., Irwandani*, I., Santi, K., & Romlah, R. (2021). Media Poster dengan Pendekatan Etnosains: Pengembangan Bahan Ajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 540–554.
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik IntegratifDi Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 35. https://doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1280
Insani, S. P., Darmiany, D., Nurmawanti, I., & Witono, A. H. (2023). Kreativitas Guru di Abad 21 dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 66–72.
Kusmawati1, H., Nisa, N., Marzuki, M. A., & Aziz, Z. W. F. (2023). Perkembangan Pendidikan Zaman Yunani Dan Romawi Hingga Abad Pertengahan Di Eropa. Global Education Journal, 1(3), 256.
Mulia, J. R., Nasution, B., Asmendri, & Sari, M. (2019). Konsep Dasar dan Peranan Kurikulum dalam Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 418–440.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Rahman A, Suharyat, Y., Apra Santosa, T., Sofianora, A., Gina Gunawan, R., & Putra, R. (2023). Innovative Meta-Analisis?: Pengaruh Pendekatan STEM Berbasis Etnosains Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Siswa. Journal Of Social Science Research, 3(2), 2111–2125
Sari, F. K., Farida, F., & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar?: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–152.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Haris Panai
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.