PENGARUH KEGIATAN SAINS HUJAN WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK ABA 05 MEDAN

Authors

  • Charol Fioni Ramadansya Universitas Negeri Medan
  • Peny Husna Handayani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44521

Keywords:

Kegiatan Sains, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini

Abstract

Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang dapat dikembangkan dengan kegiatan pembelajaran matematika dan sains. Terdapat beberapa capaian perkembangan anak terkait kemampuan kognitif, yaitu (1) mampu menyebutkan alasan, (2) mampu menyebutkan pilihan atau keputusannya, (3) mampu memecahkan masalah sederhana, serta (4) mengetahui hubungan sebab-akibat dari suatu kondisi atau situasi yang dipengaruhi oleh hukum alam. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan di TK ABA 05 Medan, didapati bahwa kegiatan sains yang dilakukan belum mengarah pada keempat capaian perkembangan anak yang telah dijabarkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan sains hujan warna terhadap kemampuan kognitif anak usia dini 5-6 tahun di TK ABA 05 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experiment design menggunakan one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 16 orang anak di kelas B TK ABA 05 Medan. Hasil data pretest menunjukkan skor rata-rata sebesar 16,81 dengan kategori MB (Mulai Berkembang), dan skor rata-rata posttest sebesar 26,31 dengan kategori BSH (Berkembangan Sesuai Harapan). Uji hipotesis dengan uji wilcoxon juga mendapatkan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,001 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima atau adanya pengaruh yang signifikan dari kegiatan sains hujan warna terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK ABA 05 Medan.

References

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Ashshidiqi, A., Poppyariyana, & Munajat, A. (2020). Pengaruh Permainan Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i1.5779

Azizah, A. N. ’Ilmi, Nadhifa, A. C., Shohwah, I., Tamsir, J. M., Farida, L. N., Farizky, M. I., Fisabilillah, N. K., Fadhila, N., Nafisah, N. D., Fadillah, N., Rahayunigtys, N. R. L., Rohimah, Q. L., Maharani, R. A. S., Madani, R. I., Cahyani, S. E., Citra, T. Y., & Awalia, W. (2024). Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Tahta Media Group.

Fajriani, K., & Liana, H. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak 5-6 Tahun Melalui Permainan Pencampuran Warna dengan Percobaan Sains Sederhana di TK Islam Silmi Samarinda. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 32–41. https://doi.org/10.24903/pm.v4i1.394

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133–140. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254

Fatma, & Munawaroh, H. (2024). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Eksperimen Hujan Pelangi. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 30–37.

Fitriani, F. K. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Eksperimen Warna Pada Anak Kelompok B di TK ABA I Imogiri. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(3), 218–227.

Handayani, P. H., & Srinahyanti. (2018). Literasi Sains Ramah Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(2), 46–51.

Hasibuan, R., & Suryana, D. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735

Islamiah, R., Yusuf, H., Bening, T. P., & Wijaya, P. (2022). Teknik Ceklist pada Asesmen Harian Perkembangan Anak di RA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11985–11989.

Izzuddin, A. (2021). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Sains. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(3), 542–557.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Peraturan Pemerintah tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah (Permendikbudristek RI nomor 5 tahun 2022). Jakarta. Diakses dari https://peraturan.go.id/id/permendikbudristek-no-5-tahun-2022.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Nadlifah, Jf, N. Z., & Latif, M. A. (2022). Perkembangan Kognitif AUD (Teori dan Aplikasinya). CV. Multiartha Jatmika.

Najah, T. G., & Mahyuddin, N. (2023). Pengaruh Eksperimen Sains Hujan Warna Dari Bahan Alam Terhadap Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kabupaten Lima Puluh Kota. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 133–140. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v3i1.273

Napisah, S., Kurniati, W., & Novianto, E. (2023). Pengaruh Aktivitas Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Tarbiyah Jurnal: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 411–420.

Puspitasari, V. I. (2022). Science Project Sebagai Strategi Stimulasi Kemampuan Bicara Pada Speech Delay Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.993

Putri, N. K., Hamzah, A., & Putri, Y. F. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Hujan Pelangi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tenera Hijau Banyasin. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 8953–8963.

Putri, S. U., & Taqiudin, A. A. (2022). Steam-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 856–867. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1270

Rosyidah, I., Kurnia, A., & Aziz, L. (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak melalui Metode Eksperimen Pencampuran Warna Berbasis Edutainment. Gunung Djati Conference Series, 13, 210–219.

Rusawalsep, E. R., Nasirun, M., & Ardina, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kemampuan Mengenal Sebab Akibat Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 163–172.

Saida, N. (2019). Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. UM Surabaya Publishing.

Sipahutar, R. J., Simatupang, D., & Situmorang, S. M. A. (2023). Stimulasi Kognitif Anak Usia Dini melalui Pemrograman Komputer Menggunakan ScratchJr. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7464–7475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5763

Srinahyanti. (2022). Pemanfaatan Loose Parts Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(3), 189–193. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.35439

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian. PUSTAKABARUPRESS.

Sutisna, I., & Laiya, S. W. (2020). Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. UNG Press Gorontalo.

Tabun, N. L., Khotimah, N., & Puling, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Sains Awal Anak Usia Dini Melalui Bermain Gelembung Sabun. AURA: Jurnal Pendidikan Aura, 4(2), 196–208. https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.998

Virganta, A. L., Kamtini, & Novitri, D. M. (2021). Pendampingan Guru Dalam Penggunaan Alat Permainan Edukatif Berbasis Enam Aspek Perkembangan Anak di TK Salsa. Bunga Rampai Usia Emas, 7(2), 44–50.

Wulan, D. S. A. (2021). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Media Realia di TK Al Hidayah Kabupaten Langkat. Jurnal Usia Dini, 7(1), 1. https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25650

Yusuf, R. N., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 37–44.

Zai, M. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sains untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Siswa. CERDAS: Jurnal Pendidikan, 2(2), 13–21.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Ramadansya, C. F., & Handayani, P. H. (2025). PENGARUH KEGIATAN SAINS HUJAN WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK ABA 05 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4211–4219. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44521

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.