PEMANFAATAN METODE LEARNING OUTDOOR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL MATA PELAJARAN PHOTOGRAPI KELAS XII SMK NEGERI 7 BONE

Authors

  • Riswan Riswan Universitas Muhammadiyah Bone
  • Suhardiman Suhardiman Universitas Muhammadiyah Bone
  • Ahmad Nurul Ihsan B Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44335

Keywords:

Hasil Belajar, Learning Outdoor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan metode learning outdoor terhadap peningkatan hasil belajar siswa jurusan desain komunikasi visual mata pelajaran photograpi kelas XII SMK Negeri 7 Bone. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang diperoleh dan diolah merupakah hasil penilaian soal pre test, nilai siklus I dan nilai siklus II siswa jurusan Desaun Komunikasi Visual kelas XII SMK Negeri 7 Bone. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,, tes dan dokumentasi dengan terjun langsung ke lokasi penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh penulis adalah penerapan metode learning outdoor berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran photograpi sebelum penerapan metode learning outdoor menunjukkan nilai yang rendah. Pada pre-test, hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 41%. Sebagian besar siswa, yakni 17 siswa (85%), berada pada kategori tidak tuntas dengan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Setelah penerapan metode learning outdoor pada siklus I, terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 60%, dengan nilai rata-rata 67%. Pada siklus II, hasil belajar siswa menunjukkan kemajuan yang lebih baik lagi dengan nilai rata-rata mencapai 81% dan persentase ketuntasan meningkat menjadi 80%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode learning outdoor berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Aqib, Zainal. dkk, 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto S, 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto S, 2016. Prosedur Penelitiaan Suatu Pendkatan Praktik. Jakarta; Reneka Cipta.

Mahardika, Agung Teguh. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Evidence Based Learning Dalam Setting Outdoor Activities Terhadap Hasil Belajar IPA. Universitas Pendidikan Genesha

Nuroho, Anwari Adi. 2014. Implementasi Outdoor Learning Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sistematika Tumbuhan Tinggi: Bioedukasi

Selvi Ayu Utami, 2014. Penerapan Metode Outdoor Study Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar IPA Siswa Di Kelas V B SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Riswan, R., Suhardiman, S., & B, A. N. I. (2025). PEMANFAATAN METODE LEARNING OUTDOOR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL MATA PELAJARAN PHOTOGRAPI KELAS XII SMK NEGERI 7 BONE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5602–5609. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44335

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)