PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BIAYA ADMINISTRASI TERHADAP TRANSAKSI MENGGUNAKAN AGEN BRILINK MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43770Keywords:
Kualitas Layanan, Biaya Administrasi, TransaksiAbstract
Penelitian bertujuan guna mengkaji pengaruh kualitas pelayanan dan biaya administrasi terhadap transaksi menggunakam agen BRI Link mahasiswa Universitas Negeri Medan. Sampel terdiri dari 100 mahasiswa yang dipilih secara acak. Data dihimpun melalui kuesioner dan di analisis dengan regresi linear berganda. Hasil menunjukkan jika kualitas pelayanan dan biaya administrasi berpengaruh signifikan terhadap transaksi menggunakan agen BRI Link bagi mahasiswa Universitas Negeri Medan. Hasil pada uji simultan menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel yaitu 55,953 > 3,09 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti pada kualitas pelayanan dan biaya administrasi berpengaruh secara bersamaan dan signifikan transaksi menggunakan agen BRI Link mahasiswa Universitas Negeri Medan.References
Azizah, Hergi Novfitrianingsih, Dahliah Haliah, and Nur Rahmiani. 2024. “KECAMATAN MEMPAWAH HULU MENURUT HUKUM EKONOMI SYARIAH ( HES ).” 4(1): 467–74.
Damanik, Muhammad Rifki, and Sri Ramadhani. 2024. “Implementasi Kinerja Operasional Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Tingkat Penjualan ( Studi Kasus Konter Hp D ’ One Acc ).” 2(4).
Fahmi, M F, M T Ainun, A H Fajrin, and ... 2023. “Analisa Persepsi Masyarakat Tentang Biaya Administrasi Di Bank Konvensional Dengan Pendekatan Al-Urf Dan Relevansinya Pada Ekonomi Islam.” … of Economics and … 04(01): 1–17. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/jesk/article/view/8273.
Ganefi, Siti Hatikasari, and Wafiya Wafiya. 2023. “Perjanjian Kerja Sama Bank BRI Dan Agen BRILink Dalam Pemberdayaan UMKM.” Supremasi Hukum : Jurnal Penelitian Hukum 32(1): 60–73. doi:10.33369/jsh.32.1.60-73.
Junior, Oscar Marco Sanny, William A. Areros, and Riane J. Pio. 2019. “Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Datsun Nissan Martadinata).” Jurnal Administrasi Bisnis 8(2): 1. doi:10.35797/jab.8.2.2019.23508.1-9.
Ma’rufah, Afni. 2023. “Strategi Service Quality Sebagai Media Dalam Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Pendidikan.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4(2): 813–22. doi:10.62775/edukasia.v4i2.355.
Mahmudin Efendi. 2023. “Akad Maslahah Mursalah Dalam Transaksi Perbankan Di Agen BRILINK Studi Di Toko S2 CELL Desa Sukaresmi Kecamatan Cikarang Selatan.” Musyarokah Jurnal Ekonomi Syari’ah 1(1): 1.
Marzuki, Marzuki, Zakaria Wahab, Marlina Widiyanti, and Muchsin Saggaff Sihab. 2020. “Pengaruh Relationship Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Sumatra Selatan.” Jurnal Manajemen Bisnis 11(2): 252–59.
Nasabah, Sebagai, Bank Syariah, Sifatul Ilmi, Siti Maryam, Karuwa Syifa, and Rizkiah Insani. 2023. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] 4(4): 186–94. doi:10.30596/jmp-dmt.v4i4.16231.
Pokhrel, Sakinah. 2024. “EFEKTIVITAS AGEN BRILINK TERHADAP PROGRAM BRANCHLESS BANKING PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA.” Αγαη 15(1): 37–48.
Ridzwan, Mochamad, Ika Purwanti, and Arian Yusuf Wicaksono. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Bertransaksi (Studi Kasus Pada Agen BRILink BRI Unit Sidayu, Gresik).” Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi 37(1): 57–67.
Rifni Miftahur Rohmah, Rani Maulidasari, and Wafiq Nur Azizah. 2024. “Analisis Manajemen Risiko Pada Agen Brilink: Studi Kasus Di BRI Unit Wirolegi Jember.” Journal Economic Excellence Ibnu Sina 2(1): 128–40. doi:10.59841/excellence.v2i1.963.
Ruri, Satvika. 2017. “Optimalisasi Layanan BRILink……(Satvika Ruri) OPTIMALISASI LAYANAN BRILINK DALAM MENINGKATKAN TRANSAKSI E-BANKING PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG MAGELANG OPTIMIZATION OF BRILINK SERVICES IN ENHANCING E-BANKING TRANSACTIONS AT PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK BRANCH OFFICES OF MAGELANG.”
Septia, Elia, Muhammad Iqbal Fasa, and Suharto Suharto. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah.” Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Teknologi (AMBITEK) 3(1): 53–62. doi:10.56870/ambitek.v3i1.65.
Suadnyana, Kadek, i gede putu banu astawa, and i putu gede diatmika. 2023. “Pengaruh Biaya Administrasi, Pengetahuan Keuangan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi E-Wallet Gopay Pada Mahasiswa ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2018 ).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha 14(02): 419–30.
Tohir, Toto. 2002. “Pengertian Dan Kedudukan Agen Dalam Suatu Hubungan Hukum (Analisis Dalam Hukum Eropa Kontinental, Anglo Saxon, Dan Hukum Islam).” Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM 9(19): 124–34. doi:10.20885/iustum.vol9.iss19.art9.
Yusuf, Syarifuddin, and Rika Rahma. 2024. “IMPLEMENTASI BRANCHLESS BANKING TERHADAP PROFIT BANK DENGAN FEE BASED INCOME PADA PT . BANK RAKYAT INDONESIA UNIT TANRUTEDONG.” 5(2023): 344–55.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Silvia Annur Hasibuan, Monika Flora Manik, Amelia Amelia, Rini Khairani Harahap, Ivan R. Ventris Siahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.