PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA METHODIST ROMALBEST

Authors

  • Silvia Annur Hasibuan Universitas Negeri Medan
  • Monika Flora Manik Universitas Negeri Medan
  • Mizael Demak Sitohang Universitas Negeri Medan
  • Rejosu Vanhot Sianturi Universitas Negeri Medan
  • David Christian Silitonga Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37928

Keywords:

Metode Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Menulis Narasi siswa SMP

Abstract

Tujuan yang dilahirkan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji apakah variabel “Metode Pembelajaran Berbasis Proyek” mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas VIII di SMP Methodist Romalbest. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan desktiptif yaitu menyebarkan angket. Popolasi penelitian terdiri dari siswa VII Methodist Romalbest dengan sampel sebanyak 34 siswa yang dipilih memanfaatkan metode simple random sampling. Model analisis data yang diterapkan peneliti adalah Analisis Regresi Sederhana dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel X Metode Pembelajaran Berbasis Proyek menyimpan dampak positif dan signifikan terhadap variabel Y Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi. Hasil dari statistik inferensial diperoleh dari  ttabel penelitian dengan memanfaatkan tabel distribusi t dengan tingkat signifikansi a = 0,05 dan db = k-n, 35-2 = 33 sehingga menghasilkan ttabel = 1,69236. Jika diperoleh thitung = 6,539 dan t tabel = 1,69236, maka diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel atau 6,539 > 1.69236. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak H1 diterima. Dari hasil tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek menyimpan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas VIII SMP Methodist Romalbest.  

References

Alwi, A., Rozak, A., & Wiradinata, R. 2021. “Pembelajaran Menulis Teks Narasi Dengan Model.” Jurnal Tuturan 10(1): 1–15.

Juhaeni, Juhaeni, Elvita Indah Cahyani, Faricha Ajeng Mega Utami, and Safaruddin Safaruddin. 2023. “Pengembangan Media Game Edukasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Journal of Instructional and Development Researches 3(2): 58–66. doi:10.53621/jider.v3i2.225.

Juliana, Ela, Andi Agussalim Aj, and Aswati Asri. 2024. “MAKASSAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI BAHASA.” 2(1): 438–49.

Pratiwi, Eka Titik, and Eunice Widyanti Setyaningtyas. 2020. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Project Based Learning.” Jurnal Basicedu 4(2): 379–88. doi:10.31004/basicedu.v4i2.362.

Syaodih, E. 2017. “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial.” Jurnal Educare 5(1): h. 14-15. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/51.

Tarigan, Elieser, Universitas Surabaya, and Perapong Tekasakul. 2009. “Proceedings of ISES World Congress 2007 (Vol. I – Vol. V).” Proceedings of ISES World Congress 2007 (Vol. I – Vol. V) (March). doi:10.1007/978-3-540-75997-3.

Wajdi, Fathullah. 2017. “Implementasi Project Based Learning (Pbl) Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 17(1): 86. doi:10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960.

Alwi, A., Rozak, A., & Wiradinata, R. 2021. “Pembelajaran Menulis Teks Narasi Dengan Model.” Jurnal Tuturan 10(1): 1–15.

Juhaeni, Juhaeni, Elvita Indah Cahyani, Faricha Ajeng Mega Utami, and Safaruddin Safaruddin. 2023. “Pengembangan Media Game Edukasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Journal of Instructional and Development Researches 3(2): 58–66. doi:10.53621/jider.v3i2.225.

Juliana, Ela, Andi Agussalim Aj, and Aswati Asri. 2024. “MAKASSAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI BAHASA.” 2(1): 438–49.

Pratiwi, Eka Titik, and Eunice Widyanti Setyaningtyas. 2020. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Project Based Learning.” Jurnal Basicedu 4(2): 379–88. doi:10.31004/basicedu.v4i2.362.

Syaodih, E. 2017. “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial.” Jurnal Educare 5(1): h. 14-15. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/51.

Tarigan, Elieser, Universitas Surabaya, and Perapong Tekasakul. 2009. “Proceedings of ISES World Congress 2007 (Vol. I – Vol. V).” Proceedings of ISES World Congress 2007 (Vol. I – Vol. V) (March). doi:10.1007/978-3-540-75997-3.

Wajdi, Fathullah. 2017. “Implementasi Project Based Learning (Pbl) Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 17(1): 86. doi:10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960.

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Hasibuan, S. A., Manik, M. F. ., Sitohang, M. D. ., Sianturi, R. V. ., & Silitonga, D. C. . (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA METHODIST ROMALBEST . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16740–16745. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37928

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.