ANALISIS PENGUATAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI FESTIVAL ANAK SHOLEH DI SALAH SATU DESA DI KABUPATEN BATU BARA

Authors

  • Muhammad Basri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Annisa Balqis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Maya Farhanna Napitupulu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Muhammad Ismail Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • M. Adrian Syahputra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Muhammad Tabrani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • M.Hery Samzidane Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nur Hapsi Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Syihan Hirzi Adiyta Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Wilda Khoiriah Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43457

Keywords:

Festival anak Sholeh, Kuliah Kerja Nyata, Moderasi Beragama, Pengabdian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penguatan nilai-nilai moderasi beragama melalui Festival Anak Sholeh yang diinisiasi oleh kelompok KKN 65 dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) di Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini berfokus pada upaya meningkatkan karakter anak-anak melalui pemahaman agama, serta pengembangan minat dan bakat mereka. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggali lebih dalam konteks sosial dan budaya yang melandasi pelaksanaan festival tersebut. Subjek penelitian mencakup mahasiswa KKN kelompok 65, anak-anak peserta lomba, pejabat desa, serta masyarakat setempat yang turut serta dalam acara tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dan analisis dokumen terkait kegiatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Festival Anak Sholeh sangat berhasil dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada anak-anak, seperti toleransi, kerukunan, dan penghormatan terhadap perbedaan. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari peran aktif tokoh agama, aparat desa, serta masyarakat secara keseluruhan. Dampak positif festival ini tercermin dalam perubahan sikap anak-anak yang menjadi lebih terbuka terhadap perbedaan dan menunjukkan pemahaman yang lebih baik terkait moderasi beragama. Selain itu, festival ini juga memperkuat ikatan sosial di masyarakat, menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan toleran.

References

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45-55.

Aziz, A. (2020). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. JIIEMAR, 1(1), 58-70.

Azra, A. (2005). Islam in the Indonesian World: An Account of Institutional Formation. Bandung: Mizan Pustaka.

Braun, V., & Clarke, V. (2021). Thematic analysis: A practical guide. Sage Publications.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publications.

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95-100.

Fatoni, A., & Wuryanto, A. B. (2020). Pendidikan Karakter Keagamaan dalam Membentuk Sikap Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1101-1114.

Guillemin, M., & Gillam, L. (2004). Ethics, reflexivity, and "ethically important moments" in research. Qualitative Inquiry, 10(2), 261-280.

Haryani (2020). Pendidikan Moderasi Beragama Untuk Generasi Milenia: Studi Kasus 'Lone Wolf' Pada Anak Medan. Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan, p-ISSN: 1693-6418, e-ISSN: 2580-247X.

Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1-22.

Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Sage Publications.

Mukhtar, M., & Mukti, A. (2019). Mederasi Beragama di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 204-213.

Najib, M. A. (2018). Pelembagaan Nilai-Nilai Islam Moderat melalui Pendidikan Islam di Indonesia. Nadwa, 12(1), 65-88.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice (4th ed.). Sage Publications.

Spradley, J. P. (2016). Participant observation. Waveland Press.

Supriyanto, A., & Wahyudi, A. (2017). Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 61-70.

Suryadi (2022). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(1), ISSN: 2337-4276, ISSN: 2776-026X.

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(1), 323-348.

Downloads

Published

2025-03-08

How to Cite

Basri, M., Balqis, A., Napitupulu, M. F., Ismail, M., Syahputra, M. A., Tabrani, M., … Siregar, W. K. (2025). ANALISIS PENGUATAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI FESTIVAL ANAK SHOLEH DI SALAH SATU DESA DI KABUPATEN BATU BARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3176–3181. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43457

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)