PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

Authors

  • Munawir Munawir UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ifan Ma’sum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • M. Sabil Tamami Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.42864

Keywords:

Profesionalisme Guru, Teknologi Pendidikan, Era Digital

Abstract

Kualitas pendidikan di berbagai tingkatan, baik formal maupun informal adalah masalah utama pendidikan Indonesia. Hal ini menjadi hambatan besar bagi pengembangan SDM. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tidak hanya diperlukan dukungan dari sekolah, guru, dan siswa yang memiliki akses internet, tetapi juga dari masyarakat yang secara efektif mengadaptasi diri terhadap era digital. peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik literature review. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang masalah yang diangkat, serta untuk menemukan dasar teori yang relevan. Secara keseluruhan, peneliti menemukan keterampilan yang dibutuhkan guru di era digital dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu hasil utama dari studi ini adalah perlunya guru untuk meningkatkan kompetensi profesional dan literasi digital mereka. Hal ini penting agar mereka dapat memimpin proses pembelajaran secara efektif dan kreatif di tengah perubahan teknologi yang cepat.

References

Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28

Dasuki, A. (2010). Pengembangan Profesionalisme Guru. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 9(17), 1–9.

Gunawan, A., & Imam, I. K. (2023). Guru Profesional: Makna dan Karakteristik. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 181–185. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i2.256

Hamid, A. (2020). Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(1), 1–17.

Husna, K., Fhadilah, F., Harahap, U. H. S., Fahrezi, M. A., Manik, K. S., Ardiansyah, M. Y., & Nasution, I. (2023). Transformasi Peran Guru di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 154–167. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.694

Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 54–64. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1058

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 202–211. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109

Putri, S. M., Ayatin, R., & Muttaqien, I. A. Y. (2024). Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 4(2), 1690–1695. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i2.3516

Sadriani, A., Ahmad, M. R. S., & Arifin, I. (2023). Peran Guru dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional UNM Ke-62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431

Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, M. S. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16555

Sianturi, M. V., & Simanjuntak, M. P. U. (2024). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi, 2(1), 180–190. https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.200

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Munawir, M., Ma’sum, I., & Tamami, M. S. (2025). PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 3899–3902. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.42864

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.