PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.42864Keywords:
Profesionalisme Guru, Teknologi Pendidikan, Era DigitalAbstract
Kualitas pendidikan di berbagai tingkatan, baik formal maupun informal adalah masalah utama pendidikan Indonesia. Hal ini menjadi hambatan besar bagi pengembangan SDM. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tidak hanya diperlukan dukungan dari sekolah, guru, dan siswa yang memiliki akses internet, tetapi juga dari masyarakat yang secara efektif mengadaptasi diri terhadap era digital. peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik literature review. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang masalah yang diangkat, serta untuk menemukan dasar teori yang relevan. Secara keseluruhan, peneliti menemukan keterampilan yang dibutuhkan guru di era digital dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu hasil utama dari studi ini adalah perlunya guru untuk meningkatkan kompetensi profesional dan literasi digital mereka. Hal ini penting agar mereka dapat memimpin proses pembelajaran secara efektif dan kreatif di tengah perubahan teknologi yang cepat.References
Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28
Dasuki, A. (2010). Pengembangan Profesionalisme Guru. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 9(17), 1–9.
Gunawan, A., & Imam, I. K. (2023). Guru Profesional: Makna dan Karakteristik. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 181–185. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i2.256
Hamid, A. (2020). Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(1), 1–17.
Husna, K., Fhadilah, F., Harahap, U. H. S., Fahrezi, M. A., Manik, K. S., Ardiansyah, M. Y., & Nasution, I. (2023). Transformasi Peran Guru di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 154–167. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.694
Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 54–64. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1058
Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 202–211. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109
Putri, S. M., Ayatin, R., & Muttaqien, I. A. Y. (2024). Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 4(2), 1690–1695. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i2.3516
Sadriani, A., Ahmad, M. R. S., & Arifin, I. (2023). Peran Guru dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional UNM Ke-62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431
Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, M. S. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16555
Sianturi, M. V., & Simanjuntak, M. P. U. (2024). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi, 2(1), 180–190. https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.200
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Munawir Munawir, Ifan Ma’sum, M. Sabil Tamami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




