ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEHATAN MENTAL DI KALANGAN MAHASISWA PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25352Keywords:
Kesehatan Mental, Mahasiswa, Lingkungan Akademik, Hubungan Sosial, Gaya Hidup.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental di kalangan mahasiswa perguruan tinggi. Studi literatur digunakan sebagai metode untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai kompleksitas interaksi antara lingkungan akademik, hubungan sosial, dan gaya hidup mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan akademik, kualitas hubungan sosial, dan gaya hidup mahasiswa berperan penting dalam membentuk kesejahteraan psikologis. Lingkungan akademik yang kompetitif dapat menjadi pemicu stres, sedangkan hubungan sosial yang positif dapat melindungi terhadap gangguan kesehatan mental. Gaya hidup yang seimbang juga terbukti memainkan peran signifikan dalam menjaga kesehatan mental mahasiswa. Penelitian ini menyoroti perlunya intervensi holistik di tingkat perguruan tinggi, dengan meningkatkan layanan kesehatan mental, mengembangkan program pencegahan, dan memperkuat kolaborasi antara pihak akademik dan kesehatan.References
Afriani, R., & Mufdlilah. (2016). Analisis Dampak Pernikana Dini Pada Remaja Putri di Desa Sidoluhur Kecamatan Godean Yogyakarta. Rakernas Aipkema, 235–243.
Andre Tri Pratomo. (2017). Survei Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Sekolah Menenga Pertama Negeri se-Kota Purbalingga. Ilmu Pendidikan, 1991, 36.
Annisa, D. F., & Ifdil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2), 93–99. https://doi.org/10.24036/02016526480-0-00
Bulu, B., Taqwa, T., Rajab, M., & Bulu, R. M. (2021). Sikap Peserta Didik pada Pembinaan Kesehatan Mental Berbasis Bimbingan dan Konseling Islam. Jurnal Konsepsi, 10(3), 174–186.
Hariyanto, K. D., Naryoso, A., & Sos, S. (2016). Pengaruh intensitas mengakses fitur-fitur gadget dan tingkat kontrol orang tua terhadap kesehatan mental remaja. Interaksi Online, 4(2), 1–12.
Isrokatun, I., Rahayu, M., & Dewi, W. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 834–851.
Kholig, L. F., Supriadi, S., Andri, M., Erviyanti, T., & Oktavianti, V. (2022). Pembinaan Kesehatan Mental Remaja Di MTS Ngalaban Desa Bendet Kecamatan Diwek Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 1(1), 45–51.
Kurniawan, Y., Subandowo, & Rohman, U. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Peningkatan Hasil Shooting Bola Basket dalam Pembelajaran PJOK Siswa MAN Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 231–236.
Lestari, F., Guntari, L., Lestari, I. D., Darmi, Y., Sartika, A., Sonita, A., Ekowati, S., Diana, D., & Muntahanah, M. (2022). BAHAYA GADGET DALAM PENGARUH KESEHATAN MENTAL DAN AKHLAK PADA REMAJA DI MTS NEGRI 2 BAJAK 1 TABA PENANJUNG. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(3), 546–551.
Meliyanti, N. (2022). Determinan Kesehatan Psikologis Dan Sosial Yang Mempengaruhi Perilaku Makan (Eating Habits) Pada Remaja Menurut Hl Blum.
Muslihah, A. (2019). pengaruh kesehatan mental siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pai siswa kelas x di sman 2 ponorogo tahun ajaran 2018/2019. IAIN PONOROGO.
Nurochim, N. (2020). Optimalisasi program usaha kesehatan sekolah untuk kesehatan mental siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 184–190.
Pratiwi, U. N., Sulianto, J., & Artharina, F. P. (2022). Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Siswa Kelas V Sd Negeri Wonomerto 01 Batang. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 2(1), 100–111.
Rusip, G., & Boy, E. (2020). Edukasi Olah Raga Di Rumah Saja Sebagai Upaya Memelihara Kebugaran Fisik Dan Kesehatan Mental Di Masa Pandemi Covid 19 Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Implementa Husada, 1(2), 152. https://doi.org/10.30596/jih.v1i2.5035
Suwandaru, C., & Hidayat, T. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Volume 09 Nomor 01 Tahun 2021, 113 – 119, 09, 113–119.
Tinambunan, D., Agniaty, N., & Ekayuni, Y. (2021). Persoalan perkembangan dan kesehatan mental anak usia 6-12 tahun pada masa pandemi COVID-19: Analisis hasil-hasil penelitian lintas budaya. Unusia Conference, 1(1), 13–28.
Zulfia, I., Meilinda, M., Ilma, N., & Muskhafiyah, S. (2021). Kesehatan Mental Remaja Pada Masa Pandemi. Counseling AS SYAMIL: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 11–19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 20924 Dyah Vierdiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.