DAMPAK COVID 19 PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DAERAH PEDESAAN DI KABUPATEN NIAS SELATAN TAHUN 2021
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.4126Keywords:
Covid 19, Pembelajaran Matematika, Pembelajaran DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Covid 19 pada pembelajaran matematika di daerah pedesaan khususnya di Kabupaten Nias Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di beberapa sekolah di kabupaten nias selatan, antara lain: SMP Negeri 1 Maniamolo, SMP Negeri 2 Maniamolo, SMP Negeri 3 Maniamolo, SMP Negeri 4 Maniamolo, SMP Swasta Citra Sakti Hilisimaetano, dan SMP Swasta Kristen BNKP Hilisimaetano. Teknik pengumpulan data pada penelitian melalui lembar observasi dan lembar wawancara. Pada lembar observasi memuat tentang hasil pengamatan kondisi pembelajaran matematika yang dilaksanakan pada masa pandemik, kemudian lembar wawancara memuat sederet pertanyaan yang ditanyakan kepada guru dan siswa untuk mendapatkan informasi akurat tentang kondisi pembelajaran pada masa pandemik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa kondisi pembelajaran matematika di sekolah daerah pedesaan berada pada kondisi tidak baik. Hal ini ditandai dari hasil pengamatan dan wawancara dari guru dan siswa bahwa:1) pembelajaran tidak belajar efektif, 2) siswa kurang aktif dalam pembelajaran, 3) kebijakkan tentang pembelajaran daring tidak memungkinan pada daerah pedesaan, 4) kondisi jaringan tidak stabil, 5) kurangnya pengontrolan dari guru dan orangtua selama siswa belajar, 6) kebanyakkan mengeluh terhadap pembelian Handphone dan pulsa karena faktor ekonomi yang rendah. Berdasarkan masalah-masalah tersebut maka dapat disimpulkan bahwa masa Covid 19 ini lebih banyak berdampak negatif terhadap pembelajaran matematika terutama terhadap sekolah di daerah pedesaan.References
Siti, A., Ervinda, A. dan Darmadi. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Di Masa Pendemik Covid 19 Pada Guru Tingkat Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Madiun
Bao, W. (2020). COVID -19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 113–115.
https://doi.org/10.1002/hbe2.191
Creswell, J. W. (2016). Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitaif, dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dakhi, O., Jama, J. Irfan, D., Ambiyar., & Ishak. (2020). Blended Learning: A 21st Century Learning Model At College. International Journal Of Multi Science, 1(8), 50-65.
Dewi, W. A.F (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2, Issue: 1
Eko, Kuntarto dan Rayandra, Asyhar. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Aspek Learning Design Dengan Platform Media Sosial Online Sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Inovatif.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Gee, E. (2020). Hubungan Gaya Kognitif Dengan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Education and Development, 8(3), 225-225. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1942
Gee, E., & Harefa, D. (2021). Analysis of Students’ Mathematic Analysis of Students’ Connection Ability and Understanding of Mathematical Concepts. Musamus Journal of Primary Education, 4(1), 1-11. https://doi.org/10.35724/musjpe.v4i1.3475
Lestari, Shindy. (2021). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar, Jurnal: JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education).
Loviana, S. & Baskara,W. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 pada Kesiapan Pembelajaran Tadris Matematika IAIN Metro Lampung. Epsilon, 1(2), 61-70.
Prasetyo, R. A. & Andriani, A. (2021). Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Media Aplikasi Google Meet terhadap Keaktifan Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 2 Pliken Kembaran Banyumas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 389–399. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3490
Sarumaha, K. S., Sarumaha, R., & Gee, E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi SPLDV Di Keles VIII SMPN 3 Maniamolo Tahun Pembelajaran 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-14. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Afore/article/view/342
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhery Putra, Trimardi Jasmalinda, 2020. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 3, Issue: 4.
Zagoto, M. M., Yarni, N. & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Efrata Gee
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.