KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGIEMPAT PADA LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18133Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Lembar Kerja Peserta Didik, Contextual Teaching LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa melalui penggunaan LKPD berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi segiempat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Maniamolo dengan jumlah 17 orang siswa. Data yang digunakan adalah data primer, melalui instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh informasi bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika berada pada kategori baik sekali. Hal ini terjadi karena permasalahan yang diangkat pada LKPD berhubungan dengan konten kehidupan siswa sehingga mudah bagi siswa mengenali dan memahami setiap permasalahan yang diberikan. Disamping itu, LKPD yang digunakan mengarahkan pada pembelajaran yang lebih didominasi oleh siswa dengan melibatkan mereka dalam kegiatan penemuan dan pemecahan masalah. Sehingga hal ini terbiasa bagi siswa untuk menghadapi tantangan termasuk dalam penyelesaian soal-soal non rutin. Oleh karena itu, pemanfaatan LKPD berbasis CTL akan menjadi salah satu solusi bagi guru dalam memperbaiki kondisi pembelajaran matematika dan juga dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.References
Agsya, Feni Maisyaroh dkk. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa MTS. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education Volume 4 Nomor 2, 30 Desember 2019 ISSN 2548- 2297
Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Aris, Shoimin. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurukulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Djemari Mardapi (2004) Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi, Seminar Nasional Rekayasa Sistem Penilaian Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan. HAPY Yogyakarta, 26 s/d 27 maret 2004.
E. Gee, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Alur Belajar Berbasis Realistic Mathematics Education (RME)”, Jurnal Education And Development, vol. 7, no. 3, p. 269, Aug. 2019.
Gee, E. . (2021). Dampak Covid 19 Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Daerah Pedesaan Di Kabupaten Nias Selatan Tahun 2021. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 436–442. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.4126
Hendriana dan Soemarmo. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Mundilarto, Rustam. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen DIKTI Pendidikan Nasional RI.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Septiani, Elinda Sri, and Elis Nurhayati. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL).” Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers: 168–75.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Wardhani. 2010. Pembelajaran Kemampuan Masalah Matematika di SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Efrata Gee
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.