PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEOGRAFI TERHADAP PENGUASAAN MATERI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CENRANA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.41140Keywords:
Penggunaan Media Videografi, Penguasaan MateriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media videografi terhadap penguasaan materi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cenrana, Kabupaten Bone. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media videografi tehadap penguasaan materi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Cenrana adalah berpengaruh. Hasil analisis data penggunaan media videografi (X) memperoleh nilai rata-rata (mean) 59.45, simpanan baku (standar deviasi) adalah 7.458, variansi adalah 55.629. Sedangkan penguasaan materi (Y) memperoleh nilai rata-rata (mean) 87.45, simpanan baku (standar deviasi) adalah 6.716, variansi adalah 45.103. Selanjutnya diketahui t hitung 6.960 yang dibandingkan dengan t tabel 1.740 dengan db (19-1-1) pada taraf signifikansi 0.05 (5%) dilihat dari nilai t hitung > t tabel maka H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media videografi berpengaruh terhadap penguasaan materi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cenrana.References
Anderson, Ronald H. (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka bekerja sama dengan CV. Rajawali.
Arief, S. S., R., R., Anung, H., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: Rajawali Pers.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Erick Suryadi, P. G., Agustini, K., & Sugihartini, N. (2019). Pengaruh E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Desain Komunikasi Visual Di Smk Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(3), 302.
Erlyana, Y., & Hansen, H. (2021). Pelatihan Fotografi Dan Videografi Secara Virtual Dalam Peningkatan Kemampuan Diri Pada Pandemic Covid-19. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 5(1).
Fahyuni, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4-5.
Hamalik, O. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT remaja Rosdakarya.
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Jejen, M. (2015). Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.
Jennah, R. (2020). Media Pembelajaran. Jl. A. Yani Km. 4,5 Banjarmasin: Antasari Press. Retrieved Maret 2024.
Kustandi, C., & Darmawan (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana (Divisi Prenadaamedia Group). Retrieved Februari 2024.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfah, J. (2015). Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nurfadhillah , S. (2021). Media Pembelajaran . Jln. Bojong Genteng Nomor 18, Kec. Bojong Genteng Kab. Sukabumi, Jawa Barat 43353: Tim CV Jejak. Retrieved Maret 2024.
Prastowo, J. (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 3(1), 302.
Rouf, A. A. (2022). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 4-5.
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sari, N. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition CIRC) sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indosneisa. Journal of Education Action Research, 4, 307-314.
Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning (Teori, Riset dabn Praktik). Bandung: Nusa Media.
Stephen, W. (1990). Educational Measurement and Testing. United States: A Division of Simon & Schuster.
Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Widada, S., Tama, A. K., Purnama, M. R. (2019). Teknik Dasar Menggunakan videografi di Dunia Broadcasting. Tangerang: STMIK Raharja.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal of education , 3928. doi:https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91.
Zaini, M. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 351. Retrieved Februari 2024.
Zamzuri, A., Suandi, F., & Novendra, R. (2019). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Multimedia : Studi Kasus Videografi. Jurnal Intra-Tech 3(2), 54-59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sabariani Sabariani, Suhardiman Suhardiman, Ahmad Nurul Ihsan B
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.