PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 3 WATAMPONE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41134Keywords:
Model Pembelajaran; Pembelajaran Berdiferensiasi; MinatAbstract
Proses pembelajaran yang masih didominasi oleh pendidik, dan pendidik belum memaksimalkan hasil pembelajaran dalam menerapkan model pembelajaran sehingga berpengaruh pada minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdiferensiasi terhadap manta belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri Watampone. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Adapun lokasi penelitian ini yaitu di SMP Negeri 3 Watampone. Populasi penelitian ini yaitu VII SMP Negeri 3 Watampone sedangkan sampel penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel independen yaitu model pembelajaran berdiferensiasi dan variabel dependent yaitu minat belajar siswa dengan instrumen penelitian lembar angket, lembar observasi dan dokumentasi, intrumen penelitian lembar angket menggunakan pre-test dan post-test minat belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan uji analisis deskriptif dan uji analisis inferensial menggunakan IBM SPSS Statistic version 25. Berdasarkan uji analisis deskriptif angket minat belajar siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas eksperimen dengan nilai angket minat belajar rata-rata 75,40 sedangkan di kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi dengan nilai angket minat belajar siswa rata-rata 51.681, dan nilai angket minat belajar siswa dengan analisis inferensial pada uji independent t test diperoleh nilai signifikan (2-tailed) dengan 17.692 ≥ 1.671 dengan uji N Gain diperoleh nilai angket minat belajar siswa di kelas eksperimen VII A dengan rata-rata 82%, minimum 71 %, maksimum 100% sedangkan di kelas kontrol VII B dengan rata-rata -80%, minimum 0 %, maksimum 85%. dengan taraf signifikan 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 3 Watampone.References
Achru P, 2019. Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, Voll. III, No. 2.
Adisjam, & Saparia, A. 2023. Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Mengoptimalkan Minat dan Bakat dalam Pembelajran PJOK SMP Al azhar Mandiri Palu. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 22 No. 4 (2023) Special Issue National Conference, pp. 54-61 https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/multilateralpjkr
Akrim, 2021. Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa. Bantul Yogyakarta: Pustaka Ilmu
Alhafiz, N. 2022. Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Beridferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.1, No.8, Januari 2022
Ananda, R. & Hayati, F. 2020. Variabel Belajar Kompilasi Konsep. Medan: CV. Pusdikra MJ
Anggraeni, P. D., Panglipur, R. I., & Marsidi. 2021. Pengaruh penerapan Kurikulum terhadap Motivasi dan Minat Belajar Siswa dengan Angket Skala Likert pada Matematika. Prismatika: jurnal Pendidikan dan Riset Matematika Vol.3 No.2 (2021). p-ISSN:2654-6140, e-ISSN:2656-4181. p-ISSN:2654-6140, e-ISSN:2656-4181
Baskoro, B. A., Nugroho, A. A., & Prayito, M. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Aspek Proses terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas 4. Jurnal Tsaqofah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License, Volume 3, Nomor 6, November 2023, 1209-1218. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah
Djamarah, B. S., & Zain, A. 2021. Strategi Belajar Mengajar. Cet-4, Jakarta: Rineka Cipta.
Faiz, A. Pratama, A. & Kurniawaty, I. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu. 6 (2), 2846–2853.
Friantini, R. N., & Winata R, 2019. Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 6 (11).
Ghazali, M. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Bediferensiasi dan Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Siswa. Bima Journal of Elementary Education. Volume 2. No. 1, April 2024. http://ejournal.tsb.ac.id/index.php/bijee/index.
Hartini, D. B., Usman, A., & Prafitasari, N. A., 2024. Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Minat Belajar Siswa dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. April 2024, 10 (8), 310-315. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan. 35(2), 175–182. Https://Doi.Org/10.21009/Pip.352.10
Helmianti, 2021. Model Pembelajaran, Sleman: Aswaja Pressido.
Halimah, N. Hadiyanto, & Rusdinal, 2023. Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 8, No.3.
Jahja, Yudrik, 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Kristiani Heny, dkk., 2021. Model pengembangan pembelajaran berdiferensiasi. Pusat Kurikulum dan Pengembangan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Kamal, S. 2021. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai Oleh. Julak: Jurnal Pembelajaran dan Pendidik. 1(1), 89-100.
Marlina, 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang.
Maulidia, R.F. & Prafitasari, N. A., 2023. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa. ScienceEdu Jurnal Pendidikan IPA Vol. VI. No. 1 Maret 2023
Nisa, U. H., Nurbaeti, U. R., & Budiana, N. 2022. Pengaruh Minat Belajar Peserta Didik terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid I9. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Halm 1528 – 1535. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Nurdini, D. H. 2021. Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Asaatidzah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam. 1(2), 124-138.
Patimbangi, A. & Darwis, H. R., 2020. Ilmu Statistik. Kampung Kepanjen, Baguntapan, Bantul: Lintas Nalar, CV.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. 2022. Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Prapitasari, N, A., & Maulidia, F. A., 2023. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA.
Rohmalina, W. 2019. Psikologi Belajar, Cet-1, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rusman, 2018. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers Edisi Kedua.
Saputra, A. D., Andri, A., & Sulianto, J. 2023. Analisis Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dengan Model Problem Based Learning terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. ISSN Cetak: 2477-5673 ISSN Online: 2614-722X Volume 09 Nomor 04, September 2023
Septyana, E. Indriati, D. N., Indianti, I & Ariyanto, L. 2023. Penerapan Pembelajaran Beridferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains dan Education Sains. Vol.6, No. 2 Agustus 2023. https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94
Sitorus, P. 2022. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 12, No.3, September 2023, Hal 127-136.
Siregar, Y. S., Darwis, M., R., & Andriyani, W.2022. Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemic Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal ilmiah kampus mengajar, 2, 69-75. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i.33
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyantini, N. L. 2019. Penerapan Model pembelajaran Quantum Teaching untuk Menigkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IXE semester Ganjil SMP Negeri 2 Kubu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal IKA, 17(1), 69-79.
Zainil, Y. dkk., 2024. Pelatihan Pengembangan Konten, proses, dan Produk Pembelajaran Bediferensiasi untuk Guru MGMP Bahasa Inggris SMP/MTS Padang Panjang. Universitas Negeri Padang. Vol. 5 No. 2, 2024 Page 93-102. DOI: 10.24036/abdi-humaniora.v5i2.126232 Abstract.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmawati Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.