PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CAPCUT TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MENGGAMBAR MODEL DI KELAS VIII SMPN 2 PASAMAN

Authors

  • Nia Sagita Universitas Negeri Padang
  • Yusron Wikarya Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40543

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Berbasis Aplikasi Capcut, Menggambar Model, Hasil Belajar.

Abstract

Tujuan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMPN 2 Pasaman materi menggambar model materi tentang menggambar model dengan menggunakan media video yang berbasis aplikasi CapCut dalam pembuatan video.. Metode pengambilan Random Sampling digunakan dalam kelas VIII 5 dan VIII 6. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen yang dikenal dengan istilah “kuasi eksperimen”. Dataoprimer, hasil preteste dan posttesto sangat penting untuk openelitian ini. Proses evaluasi hasil belajar praktik dan analisis data dilakukan dengan menerapkan uji normalitass dan homogeniitas, sedangkan pengujian hipotesiis diselesaikan menggunakanj SPSS versii 25.Hasil belajar siswa dengan video berbasis aplikasi capcut menunjukkan bahwa thitung > ttabel, dengan nilai thitung 3.094 ttabel 2.069 pada alpha = 0.05 menunjukkanl bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media video berbasis aplikasi CapCut memiliki pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan penggunaan media konvensional

References

Annajati, S., & Wikarya, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Seni Rupa Tiga Dimensi Kelas X SMA Negeri 8 Mukomuko. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1181-1188.

Arikuto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Darlivie, U., & Wikarya, Y. (2021). Pengaruh Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Menggambar Ilustrasi Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Serupa The Journal of Art Education, 10(3), 169-175.

Huda, N., & Wikarya, Y. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial di Aplikasi TikTok terhadap Hasil Belajar Materi Menggambar Komik Kelas VIII SMPN 1 Bathin Solapan. Journal on Education, 6(4), 18288-18296.

Khoriah, S., Arbaini W, W., & Supardan, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Berbasis Capcut Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V di SDN 06 Merigi (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: ALFABETA Bandung.

Pahlawan, D. P., Wikarya, Y., & Wisdiarman, M. P. D. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Hasilbelajar Seni Rupa di SMP Negeri 26 Padang. Serupa The Journal of Art Education, 6(1).

Slameto. 2016. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujoko, Amir. 2018. Jurnal Pendidikan Konvergensi. Surabaya: Sang Surya Media.

Suryani, P. D., Zubaidah, M. P., & Wikarya, Y. (2018). Pengaruh penggunaan media sparkol videoscribe terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran seni rupa di SMP Negeri 4 Padang. Serupa The Journal of Art Education, 7(1).

Susanto, Ahamad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Sagita, N., & Wikarya , Y. (2024). PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CAPCUT TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MENGGAMBAR MODEL DI KELAS VIII SMPN 2 PASAMAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18635–18643. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40543

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.