EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL BERBANTUAN HEYZINE FLITBOOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA PADA MATERI PENGUKURAN KELAS X SMAS ST. PETRUS KEWAPANTE

Authors

  • Paulina Nelce Mole Universitas Nusa Nipa
  • Maria Enjelina Suban Universitas Nusa Nipa
  • Veronika Elviyati Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40347

Keywords:

Literasi digital, e-Modul, Heyzine Flipbooks.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi digital peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi digital peserta didik menggunakan E Modul berbasis Heyzine Flitbooks dalam materi pengukuran. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimen menggunakan desain one-group Pretest-Postest. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XA SMAS St. Petrus Kewapante yang berjumlah 8 orang. Peserta didik sebelum pembelajaran diberikan Pretest dan diakhiri pembelajaran diberikan Postest dengan materi dan bentuk soal yang sama. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Data hasil nilai Pretest dan Postest kemudian dianalisis menggunakan uji Validitas, uji Reabilitas, uji Normalitas, uji t-berpasangan, dan perhitungan n gain dengan IBM SPSS Statistik 22. Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan setelah diberikan pembelajaran fisika dengan e-modul berbantuan Heyzine Flipbooks. Pembelajaran dengan e-modul berbantuan Heyzine Flipbooks ini efektif meningkatkan kemampuan literasi digital peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikan pada uji t berpasangan dan uji n gain berturut-turut adalah 0,02 dan 0,71. Dengan ini, pembelajaran dengan e-modul berbantuan Heyzine Flipbooks dapat dijadikan acuan atau bahan pertimbangan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan literasi digital peserta didik.

References

Bay Nio, M. F., Nathalia Wea, K., Enjelina Suban, M., Studi Pendidikan Fisika, P., Nusa Nipa, U., Kesehatan No, J., Alok Timur, K., Sikka, K., & Tenggara Timur, N. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Phet Simulation Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Energi Potensial Pegas. Journal on Education, 06(02), 14309–14319.

Belshaw, D. A. (2012). What is ‘ digital literacy ’? Douglas A . J . Belshaw. Durham E-Theses Online, 0, 0–274. http://etheses.dur.ac.uk/3446

Fuadiah, N. F. (2021). Intelegensi Literasi Digital dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional PGRI Provinsi Sumatra Selatan Dan Universitas PGRI Palembang, November, 62–66.

Kurnianingsih, I., Rosini, & Ismayati, N. (2017). (literacy)Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61–76. http://jurnal.ugm.ac.id/jpkm

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Mole, P. N., Suban, M. E., & Elviyati, V. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL BERBANTUAN HEYZINE FLITBOOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA PADA MATERI PENGUKURAN KELAS X SMAS ST. PETRUS KEWAPANTE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 18410–18416. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40347

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.