INOVASI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI ERA PENDIDIKAN DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.36641Keywords:
Inovasi, Manajemen Pendidikan Islam, Kualitas Pembelajaran, Era Pendidikan DigitalAbstract
Inovasi dalam manajemen pendidikan Islam di era digital memerlukan pendekatan yang holistik, menggabungkan teknologi dengan nilai-nilai Islam yang kuat. Inovasi ini tidak hanya berfokus pada penggunaan teknologi, tetapi juga pada pengembangan kurikulum, kompetensi guru, dan sistem manajemen yang relevan dengan era digital. Penelitian ini menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan). Data yang digunakan berasal dari artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal-jurnal akademik, laporan hasil penelitian dan dokumen terkait lainnya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Bentuk inovasi dalam manajemen pendidikan Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era pendidikan digital yaitu penggunaan platform e-learning berbasis islam, integrasi teknologi digital dalam kurikulum pendidikan Islam, pengembangan kompetensi digital bagi guru dan tenaga pendidik dan implementasi pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan islami. 2). Strategi inovasi dalam manajemen pendidikan Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era pendidikan digital yaitu dengan penerapan teknologi pembelajaran berbasis e-learning islami, penguatan kompetensi guru dalam literasi digital dan teknologi pendidikan, pengembangan kurikulum integratif dengan pendekatan digital dan islami dan pembelajaran berbasis proyek yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam. 3). Tentang tantangan dalam menginovasi manajemen pendidikan Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era pendidikan digital adalah keterbatasan akses teknologi dan infrastruktur digital, kurangnya kompetensi digital di kalangan tenaga pendidik, kesenjangan kurikulum antara konten islami dan teknologi modern dan hambatan budaya dan persepsi terhadap penggunaan teknologi dalam pendidikan Islam.References
Abdullah, W., Razak, K., Hamzah, M., & Zhaffar, N. (2020). Konsep Inovasi Menurut Pandangan Guru Inovatif Pendidikan Islam. Attarbawiy Malaysian Online Journal of Education, 4(1), 13-21. https://doi.org/10.53840/attarbawiy.v4i1.24
Anaya, L., Fakhirah, F., & Farhana, Q. (2021). Peranan Manajemen Pendidikan Islam Dalam Era Pendidikan Kontemporer. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1365-1373. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.251
Asrita, R. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Hijri, 11(2), 159. https://doi.org/10.30821/hijri.v11i2.13072
Basyit, A. (2018). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Kordinat Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 187-210. https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8102
Basyit, A. (2018). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Kordinat Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 187-210. https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8102
Budiman, S. and Suparjo, S. (2021). Manajemen Strategik Pendidikan Islam. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2197
Chotimah, C. (2023). Sistem Informasi Manajemen Dalam Kompetisi Bisnis Lembaga Pendidikan Islam. Journal of Education Research, 4(3), 1064-1074. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.241
Deraman, D., Pabbajah, M., & Widyanti, R. (2022). Respons Lembaga Pendidikan Islam Atas Implementasi Sistem Manajemen Mutu Pendidikan Nasional. Al-Iltizam Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 156-172. https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.3051
Deraman, D., Pabbajah, M., & Widyanti, R. (2022). Respons Lembaga Pendidikan Islam Atas Implementasi Sistem Manajemen Mutu Pendidikan Nasional. Al-Iltizam Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 156-172. https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.3051
Fathurohim, F. (2023). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(2), 184-194. https://doi.org/10.36769/asy.v24i2.418
Fauzi, M. (2023). Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pendidikan Islam. Alibrah, 8(1), 19-33. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.217
Firdaus, A. (2023). Pelatihan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Di Ponpes Al Buhori Praya Lombok Tengah. Kreasi Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 499-509. https://doi.org/10.58218/kreasi.v3i3.749
Fitria, N. (2023). Kajian Prinsip Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6116-6124. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2454
Hadi, Y. (2023). Orientasi Ideal Manajemen Mutu Pendidikan Islam Di Era Disruptif. J. of Religious Policy, 1(2), 175-192. https://doi.org/10.31330/repo.v1i2.11
Hasanah, U. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam: Tantangan Dan Solusi. Equilibrium Jurnal Pendidikan, 11(2), 177-188. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10426
Ibrohim, I., Fadhli, R., Iskandar, E., Mukhlishah, M., Muhtadin, M., & Kartika, M. (2022). PAI STAI Muhammadiyah Bandung Kuatkan Pengabdian Masyarakat Melalui Inovasi Penyelenggaraan Pengajian Di Desa Sumbersari. Jurnal Pengabdian Ilung (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(1), 138. https://doi.org/10.20527/ilung.v2i1.5408
Indra, H. (2020). Revitalisasi Kurikulum Pesantren Salafiyah Era Digital 4.0. Fikrah Journal of Islamic Education, 4(1), 21. https://doi.org/10.32507/fikrah.v4i1.605
Iqbaltullah, I., Sofyan, M., & Az-Zahra, S. (2021). Meninjau Manajemen Pendidikan Islam Secara Deskriptif Guna Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1353-1364. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.262
Maya, R. and Lesmana, I. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 291. https://doi.org/10.30868/im.v1i2.281
Melisawati, S. (2024). Membangun Generasi Unggul: Menjelajahi Strategi Pengembangan SDM Di Lembaga Pendidikan Islam Era Digital. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5689-5697. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4519
Missouri, R. (2023). Strategi Inovatif Menyatukan Tradisi Dan Modernitas Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Kreatif Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 21(1), 23-34. https://doi.org/10.52266/kreatif.v21i1.1820
Muwafiqoh, A. and Ulum, K. (2023). Inovasi Dan Transformasi Pendidikan Islam Melalui SKB 3 Menteri. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 7(3), 397. https://doi.org/10.30998/sap.v7i3.15947
Nafsaka, Z. (2023). Dinamika Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9), 903-914. https://doi.org/10.58344/jii.v2i9.3211
Nimawati, N. and Zaqiah, Q. (2020). Proses Inovasi Kurikulum: Difusi Dan Diseminasi Inovasi, Proses Keputusan Inovasi. Misykat Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 5(2), 81. https://doi.org/10.33511/misykat.v5n2.81-98
Nuraisyiah, N. (2022). Tantangan Pengembangan Kurikulum Dalam Meningkatkan Literasi Digital Serta Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 6844-6854. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3328
Nusaibah, A. and Bustam, B. (2023). Urgensi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam Untuk Mewujudkan Program Merdeka Belajar & Pendidikan Islam Yang Berkemajuan. Qolamuna Jurnal Studi Islam, 8(2), 32-48. https://doi.org/10.55120/qolamuna.v8i2.892
Olfah, H. (2024). Pendekatan Interdisipliner Dalam Pemikiran Pendidikan Islam: Memperkuat Keterpaduan Kurikulum Dan Metode Pembelajaran. Sentri Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2507-2517. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2813
Rohim, A. (2022). Meningkatkan Inovasi Dan Kreativitas Pembelajaran Guru Di RA Muslimat NU. PARTICIPATORY: JPM, 1(1), 44-55. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v1i1.1828
Rohmat, D. (2021). Manajemen Inovasi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(1), 41-52. https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i1.16
Sari, N. (2024). Manajemen Humas Dalam Mengembangkan Marketing Lembaga Pendidikan Di SMK Sultan Al-Yasini. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 14-19. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3070
Sodik, A. (2024). Peran Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Dalam Mendorong Inovasi Manajemen Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. An Naba, 7(1), 9-18. https://doi.org/10.51614/annaba.v7i1.388
Sugiyono, S. and Khojir, K. (2021). Materi Alat Dan Metode Pembelajaran Dalam Sistem Pendidikan Islam Di Era Digital. El-Buhuth Borneo Journal of Islamic Studies, 125-142. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v4i1.4084
Suherman, Indra, H. (2023). Peran Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Efektivitas Kepemimpinan Pendidikan Islam. Multidisciplinary Scientific Journal, 1(10), 680-684. https://doi.org/10.57185/mutiara.v1i10.104
Syaban, M. (2019). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Al-Wardah, 12(2), 131. https://doi.org/10.46339/al-wardah.v12i2.141
Wansit, A. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Media Digital Dalam Inovasi Pembelajaran. Karimahtauhid, 3(3), 3244-3252. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12465
Warcham, A. and Sa’diyah, M. (2021). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Berbasis Manajemen Perilaku Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 281-293. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.417
Yasin, A. (2024). Strategi Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Pluralisme Agama Di Masyarakat Multikultural. Aksiologi Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(1). https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i1.208
Yusuf, M. (2023). Inovasi Teknologi Finansial (Fintech) Dalam Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan Islam. Diksi, 2(2), 159-182. https://doi.org/10.62719/diksi.v2i2.41
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Firman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.