ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS V SDN DUKUH KUPANG V SURABAYA

Authors

  • Aida Ladzina Safikri Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Setya Ridia Cahyaning Dewi Tyastuti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Suprihatien Suprihatien Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40289

Keywords:

Analisis, Keterampilan Menulis Puisi, Peserta Didik Kelas V

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan dalam menulis puisi peserta didik kelas V B SDN Dukuh Kupang V Surabaya dengan memperhatikan unsur-unsur instrinsik puisi seperti imajinasi, diksi, majas, rima, kejelasan isi serta amanat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa puisi karya peserta didik, dokumentasi, dan wawancara. Subjek dari penelitian ini berjumlah 28 peserta didik. Hasil penelitian bahwa keterampilan menulis puisi kelas V B dalam aspek yang dinilai merupakan aspek diksi dengan presentase rata-rata 70% kategori tinggi. Aspek imajinasi dengan presentase rata-rata 81% kategori tinggi. Aspek rima dengan presentase rata-rata 80% kategori tinggi. Aspek penggunaan majas presentase rata-rata 45% kategori cukup. Aspek kejelasan isi presentase rata-rata 93% kategori sangat tinggi, dan aspek amanat presentase rata-rata 81% kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi peserta didik kelas V B di SDN Dukuh Kupang V Surabaya memperoleh kategori tinggi dengan rata-rata 79%.

References

Ahyar, J. (2019). APA ITU SASTRA JENIS-JENIS KARYA SASTRA DAN BAGAIMANAKAH CARA MENULIS DAN MENGAPRESIASI SASTRA. Sleman: Deepublish Publisher

Amalia, R. F., Murniati, N. A. N., & Indiati, I. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Puisi Peserta Didik Kelas IV A SD Negeri Bugangan 03. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12678–12688.

Anggriani, L., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Kolaborasi Metode SSCS dan Media Audio Visual. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.201-212.2020

Arianti, R. (2020). PELATIHAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 006 RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Safikri, A. L., Tyastuti, S. R. C. D., & Suprihatien, S. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS V SDN DUKUH KUPANG V SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18580–18585. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40289

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.