PENDIDIKAN ISLAM DI ERA ORDE LAMA: KEBIJAKAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP MASYARAKAT

Authors

  • Atika Nirmala Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Priti Ike Jelita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Asmuri Asmuri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39565

Keywords:

Pendidikan Islam, Orde Lama, Kebijakan Pendidikan, Dampak Sosial, Indonesia

Abstract

Artikel ini membahas kebijakan pendidikan Islam pada masa Orde Lama di Indonesia, serta dampaknya terhadap masyarakat. Pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, pendidikan Islam mengalami berbagai perubahan signifikan, baik dalam hal kebijakan maupun implementasinya di lapangan. Kebijakan tersebut berfokus pada upaya untuk mengintegrasikan pendidikan agama dalam sistem pendidikan nasional, yang didorong oleh semangat nasionalisme dan kebutuhan untuk membentuk karakter bangsa yang berlandaskan pada nilai-nilai agama. Meskipun demikian, kebijakan pendidikan Islam pada masa Orde Lama juga menghadapi tantangan, seperti ketidaksetaraan dalam distribusi sumber daya dan perbedaan antara pendidikan agama tradisional dan pendidikan umum. Dampak dari kebijakan ini terlihat dalam perkembangan lembaga pendidikan Islam, peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan agama, serta pembentukan identitas nasional yang lebih kuat. Artikel ini juga menganalisis bagaimana kebijakan tersebut mempengaruhi struktur sosial dan hubungan antara umat Islam dengan negara, serta bagaimana warisan kebijakan tersebut masih memengaruhi pendidikan Islam di Indonesia hingga saat ini.

References

Ahmad Faiz,dkk. “Studi Kritis Peran Ormas Islam Dalam Pengembangan Lembaga PendidikanIslam Pada Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah,Dan Perti” Journal Of International Multidisciplinary Research Vol:1, Nomor:2, Desember 2023Halaman :515-52

Cahyaningtyas, Padma, Djono, dan Tri Yuniyanto. “Ideologi Marhaenisme Masa PemerintahanSoekarno Tahun 1950-1965.” Jurnal Candi 20, no. 2 (2020):54–69.

Djaelani, Timur. Peningkatan Mutu Pendidikan dan Bangunan Perguruan Agama.

Fajar Almahmudi,”Kebijakan Pendidikan Islam pada orde lama”, Jurnal wawasan sarjana,Vol.2 No.3(2023)Ilmiah Kreatif 18, no. 1 (2020): 17–26.Jakarta: Dermaga, 1980.

Jamila Syam, “Pendidikan Berbasis Islam Yang Memandirikan Dan Mendewasakan,” EduTech:Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 2, no. 2 (2016): 73–83.

Kusumawardani, Anggraeni, dan Buletin Psikologi. “Nasionalisme.” Buletin Psikologi XII, no.2 (2004): 61–72

Mudzakkir.“Pendidikan Islam Masa Orde Lama Dan Orde Baru.” Jurnal Al Fatih (2015): 5566.

Muzammil, As’ad. “Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Dari Orde Lama SampaiOrde Baru (Suatu Tinjauan Historis).” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 2, no. 2(2016): 183.

Nata, Abuddin. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2004.

Nuryanti, M., & Hakim, L. (2020).Pemikiran Islam Modern Syed Muhammad Naquib Al Attas. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 22(1).

Romlah.(2016). Manajemen Pendidikan Islam. Manajemen Pendidikan Islam, 1232.https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004Sipayung,Sari,PutriIndahSari,andRizkaSuryaPutri,„AsiN?,2(1854),725–36

Salsabila, Sonia Sinta, dkk. Implikasi Pendidikan Islam di Indonesia pada Zaman Orde Lama,Baru, danReformasi.” Tarbawy?: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2021): 8–15.

Shomad,A. (2015). Hukum Islam Penormaan Prinsip Syariah dalam HukumIndonesia.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudarmono, Muh Aidil. “Tinjauan Sejarah Pendidikan Islam Masa Orde Lama.”

Jurnal Walian, A., Rusli, R., & Mardiah, A. (2022). Kontribusi Pemikiran Islam dalam Peradaban Modern. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dakwah, 02.

Widya Ayu Ningsih,”Prinsip-prinsip pendidikan islam”, Jurnal At-Tabayyun,Vol.5 No.1(2022) :67-76

Zenityas Gheafitri, and Ardiana Hanatan, „Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta DidikDengan Penilaian Tes Dan Non Tes?, Jurnal Pembelajaran Fisika, 11.2 (2022).

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Nirmala, A. ., Jelita , P. I., & Asmuri, A. (2024). PENDIDIKAN ISLAM DI ERA ORDE LAMA: KEBIJAKAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP MASYARAKAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18087–18093. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39565

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.