ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS KINERJA PELAYANAN DI TERMINAL TAMBAK OSOWILANGUN SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38938Keywords:
Terminal,osowilangon Surabaya,Importance Performance Analysis (IPA)Abstract
Transportasi jalan memainkan peran penting dalam memindahkan orang dan barang, baik untuk perjalanan jarak jauh maupun dekat. Kualitas pelayanan di terminal sangat mempengaruhi kenyamanan dan kepuasan penumpang. Di Terminal Tambak Osowilangun, terdapat tantangan seperti fasilitas yang kurang memadai, ketidakpastian jadwal, dan pelayanan petugas yang belum optimal. Penelitian ini menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA) dengan kuesioner kepada 100 responden untuk mengevaluasi kinerja dan kepuasan pelayanan. Hasilnya menunjukkan kepuasan rata-rata 93%, dengan prioritas perbaikan pada penginformasian jadwal keberangkatan (4,15) dan respons petugas terhadap keluhan (4,18).References
Arifin, A., & Widyaningsih, N. (2021). Analisis Kinerja dan Kepuasan Pelayanan Terhadap Moda Transportasi Microtrans Jak Lingko (Puri Kembangan - Kalideres). Jurnal Sosial Teknologi, 1(5), 410–418. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i5.55
Firdaus, M. F., & Nur, M. (2023). Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Perangkat Lunak, 5(3), 295–301. https://doi.org/10.32520/jupel.v5i3.2721
Janna, N. M. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan spss. 18210047.
Kadir, A. (2006). TRANSPORTASI: PERAN DAN DAMPAKNYA DALAM PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL Abdul. 121–131.
Miro, F. (2012). Pengantar sistem transportasi (S. T. lemeda smarmata (ed.)). penerbit Erlangga.
Rahman, M. S., Kom, S., & Kom, M. (2019). APLIKASI REKAPITULASI KUESIONER HASIL PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA STMIK INDONESIA BANJARMASIN MENGGUNAKAN JAVA Kuesioner adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden . . 10(3).
Retnawati, H. (2019). Teknik Pengambilan Sampel. September 2019.
Sabilla, R. A., & Herman, H. (2022). Kepuasan Penumpang terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kereta Api di Stasiun Bandung selama Pandemi Covid-19 dengan Metode IPA dan CSI. Journal of Sustainable Construction, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.26593/josc.v2i1.6035
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukania, I. W. (2013). Kajian Ergonomi Terminal Bus Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Teknik IndustrSukania, I. W. (2013). Kajian Ergonomi Terminal Bus Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Tahun, 1(1), 33–40.i Tahun, 1(1), 33–40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moch Syahrul Rajab

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.