ANALISIS TINGKAT KELPUASAN PELLAYANAN BLUS TRANS JATIM KORIDOR II TELRMINAL KELRTAJAYA MOJOKELRTO – TELRMINAL PURABLAYA SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38570Keywords:
Bus Trans Jatim, Metode Importance Performance Analysis (IPA), Transportasi, Kepuasan PelayananAbstract
Transportasi massal merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk mengurangi tingkat kepadatan kendaraan di dua kota tersebut. Bentuk pelayanan publik yang sangat dibutukan oleh masyarakat diantaranya adalah pelayanan publik di bidang jasa, seperti halnya jasa transportasi publik. Bus Trans Jatim Koridor II belakangan ini masyarakat mulai komplain terkait dengan pelayanan Bus Trans Jatim, beberapa masyarakat komplain karena penempatan halte yang hanya ada di beberapa titik kota, waktu operasional lama, kurangnya kenyamanan, kurangnya armada bus dan rute perjalanan lalu kebersihan pada halte. Penelitian ini menggunakan merode IPA (Importance Performance Analysis) yaitu teknik yang mudah digunakan untuk mengidentifikasi atribut – atribut produk atau layanan yang paling penting dalam pengembangan yang memungkinkan tanpa mengorbankan kualitas secara keseluruhan dan signifikan. Hasil menunjukkan bukti fisik dari 9 indikator masih terdapar 2 indikator yang memiliki angka negatif, kehandalan dari 7 indikator masih terdapat 3 yang memiliki nilai negative, ketanggapan dari 7 indikator masih terdapat 4 indikator yang kurang memuaskan penumpang, empati dari 7 indikator memiliki nilai positif yang penumpang terpuaskan dengan pelayanan bus trans jatim, jaminan memiliki paling banyak indikator dan memiliki nilai paling positif.References
Agustian Harja, D., S. Darmojo, H., & Hafiz Abldillah. (2020). Analisis Tingkat Kelpuasan Pelngguna Jasa Telrhadap Pellayanan Telrminal Poris Plawad Tangelrang. JIMTELK Jurnal Ilmiah Fakultas Telknik, 1(2), 117–124.
Aldila Primasworo, R., Dinar Rahma, P., & Mella Satoko, R. N. (2023). Analisis Tingkat Kelpuasan BLus Umum Trayelk Malang - Surablaya. Relkayasa Jurnal Telknik Sipil Univelrsitas Madura, 8(2), 21–28.
Alfandi, A., Tarigan, G., & Lublis, M. (2022). ANALISIS TINGKAT KELPUASAN PELNGGUNA MODA TRANSPORTASI TRANS MELTRO DELLI RUTEL AMPLAS-LAPANGAN MELRDELKA. JTSIP - Jurnal Telknik Sipil, 1(2). https://jurnal.uisu.ac.id/indelx.php/JTSIP
Amanda, L., Yanuar, F., & Delvianto, D. (2019). UJI VALIDITAS DAN RELLIABLILITAS TINGKAT PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT KOTA PADANG. Jurnal Matelmatika UNAND, 8(1), 179–188.
Amin, N. F., Garancang, S., & Ablunawas, K. (2023). KONSELP UMUM POPULASI DAN SAMPELL DALAM PELNELLITIAN. Jurnal Kajian Islam Kontelmporelr, 14(1), 15–31.
Dr. Andriansyah., M. S. (2015). MANAJELMELN TRANSPORTASI DALAM KAJIAN DAN TELORI (Dr. EL. Mardhiati, ELd.). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univelrsitas Prof. Dr. Moelstopo BLelragama.
Dr. H. Abldul Karim, SEL. , M., Lis Lelsmini, SH. , M., Delsy Arum Sunarta, S. H. , M. EL., Adel Suparman, S. SI. , M. K., Andi Iblrahim Yunus, S. T. , M. T., Khasanah, S. Pd. , M. Kom. , M. P., Delvi Marlita, S. EL. M. M., Dr. Helriel Saksono, M. S., Nunut Asniar, SEL. , M., & Tania Andari, S. EL. , M. BL. (2023). Manajelmeln Transportasi (I. P. Kusuma, ELd.). Yayasan Celndelkia Mulia Mandiri.
Fandy Tjiptono, & Anastasia Diana. (2022). Manajelmeln dan Stratelgi Kelpuasan Pellanggan. Andi Yogyakarta.
Firdaus, R., Wahyuni, A., & Tistogondo, J. (2021). ANALISIS TINGKAT KELPUASAN KONSUMELN TELRHADAP KUALITAS LAYANAN BLUS RAPID TRANSIT, SURABLAYA (STUDI KASUS?: PELLAYANAN BLUS SURABLAYA). Jurnal MITSU Meldia Informasi Telknik Sipil UNIJA, 9(1), 47–56.
Hafid, D. M., Fauziah BLadaron, S., & Syafeli, I. (2022). Studi Tingkat Kelpuasan Pelngguna Jasa Telrhadap Kinelrja Pellayanan Angkutan Telman BLus Koridor IV Kampus Telknik Unhas Gowa-Mall Panakkukang di Kota Makassar. Jurnal Konstruksi?: Telknik , Infrastruktur Dan Sains, 1(6), 9–19.
Haryanto, D., & Sukma Selktiyaningsih, I. (2021). ANALISIS KUALITAS PELLAYANAN JASA DAN KELPELRCAYAAN TELRHADAP KELPUASAN KONSUMELN PADA BLUS CARTELR WISATA PT. HIBLA UTAMA JAKARTA. JIMBLA - JURNAL MANAJELMELN DAN BLISNIS, 7(1), 24–30.
Ismail, T., & Yusuf, R. (2021). PELNGARUH KUALITAS PELLAYANAN TELRHADAP KELPUASAN PELLANGGAN KANTOR INDIHOMEL GELGELRKALONG DI KOTA BLANDUNG. Jurnal Ilmiah MELA, 5(3), 2021.
Kasiani, S., & Widiyarta, A. (2023). PELRSELPSI KUALITAS PELLAYANAN BLUS TRANS JATIM KORIDOR I (SIDOARJO-SURABLAYA-GRELSIK) SELBLAGAI TRANSPORTASI PUBLLIK DI JAWA TIMUR Agus Widiyarta. Jurnal Dinamika Pelmelrintahan, 06(02), 197–216.
Manullang, L. H., Siahaan, R., & Sitindaon, D. C. (2022). ANALISIS PELLAYANAN BLUS ANTARKOTA RUTEL MELDAN-PELMATANG SIANTAR DELNGAN MELTODEL IMPORTANCEL PELRFORMANCEL ANALYSIS. JURNAL MARITIM, 4(1), 77–86.
Miftahul Janna, N., & Helrianto, H. (2021). KONSELP UJI VALIDITAS DAN RELLIABLILITAS DELNGAN MELNGGUNAKAN SPSS. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohammad Iqblal Fanany

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.