PEMANFAATAN GOOGLE SITES DAN SIMULASI PHET DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KUANTUM : DAVISSON-GERMER (UTILISATION OF GOOGLE SITES AND PHET SIMULATION IN LEARNING QUANTUM PHYSICS: DAVISSON-GERMER)

Authors

  • Inriana B Gultom Universitas Negeri Medan
  • Putra W M Siahaan Universitas Negeri Medan
  • Sri Rotua Angelica Universitas Negeri Medan
  • Yustica Tarigan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38462

Keywords:

Davisson Germer, Google-Sites, Phet Interactive Simulation.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa efektif simulasi phet dan video terhadap pembelajaran Davisson dan Germer terhadap pemahaman mahasiswa. Metode Penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif. Hasil analisis pretest dan posttest menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif meningkatkan nilai rata-rata siswa, naik dari 48,57% pada pretest menjadi 77,13% pada posttest. Ini menunjukkankan bahwa penggunaan Google Sites dan simulasi PhET dalam pembelajaran fisika kuantum efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep dualisme gelombang-partikel. Ini terutama berlaku untuk eksperimen Davisson-Germer.

References

Dewi, N. C. (2020). Pengembangan Learning Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 210–216.

Halim, A., Herliana, Fitria . 2020. Pengantar Fisika Kuantum. Aceh: Syiah Kuala Universitas Press

Islanda, E., & Darmawan, D. (2023). Pengembangan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Teknodik, 27(1), 51-62.

Manurung, S. R., Harahap, M. B., Rustaman, N. Y., & Brotosiswoyo, B. S. (2018). Implementasi Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran Pendahuluan Fisika Kuantum Untuk Meningkatkan Kemahiran Generik. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(02), 382394.

McKagan, S. B., Perkins, K. K., & Wieman, C. E. (2010). Design and validation of the quantum mechanics conceptual survey. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 6(2), 020121. Diunduh dari https:// journals.aps.org/prper/pdf/10.1103/ PhysRevSTPER.6.020121.

Nurlina., 2017. Fisika Kuantum. Makassar: LPP Unismuh Makassar.

Saregar, A. (2016). Pembelajaran pengantar fisika kuantum dengan memanfaatkan media phet simulation dan LKM melalui pendekatan saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni, 5(1), 53-60.

Siregar, Rustam E. 2018. Fisika Kuantum. Bandung: Universitas Padjadjaran

Yusuf, I. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis media laboratorium virtual pada materi Dualisme Gelombang Partikel di SMA Tut Wuri Handayani Makassar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2).

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Gultom, I. B. ., Siahaan, P. W. M. ., Angelica, S. R. ., & Tarigan, Y. . (2024). PEMANFAATAN GOOGLE SITES DAN SIMULASI PHET DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KUANTUM : DAVISSON-GERMER (UTILISATION OF GOOGLE SITES AND PHET SIMULATION IN LEARNING QUANTUM PHYSICS: DAVISSON-GERMER). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 16935–16939. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38462

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.