EKSPLORASI PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBENTUK PERSEPSI GENERASI Z TERHADAP HOTEL RAMAH LINGKUNGAN DI BALI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38457Keywords:
Generasi Z, Persepsi, Sosial MediaAbstract
Generasi Z sangat dipengaruhi oleh media sosial, baik dalam membentuk persepsi mereka tentang isu-isu lingkungan maupun dalam pengambilan keputusan terkait akomodasi. Persepsi Generasi Z tentang hotel ramah lingkungan sangat dipengaruhi oleh relevansi nilai-nilai hotel tersebut dengan prinsip keberlanjutan yang mereka anut. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner ke lima puluh responden Generasi Z. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa generasi Z sangat terlibat dalam kampanye hotel ramah lingkungan melalui media sosial, dengan tanggapan positif terhadap promosi yang menggunakan video inisiatif lingkungan dan kolaborasi dengan influencer. Media sosial terbukti menjadi platform efektif dalam memperkenalkan konsep dan manfaat hotel ramah lingkungan kepada generasi Z. Dengan konten-konten yang informatif, menarik, dan autentik, generasi ini dapat memahami lebih dalam dampak positif dari praktik ramah lingkungan yang diterapkan oleh hotel.References
Agrawal, M., Kalia, P., Nema,P., Zia, P., Kaur, K., John, H. B. (2023). Evaluating the influence of government initiatives and social platforms on green practices of Gen Z: The mediating role of environmental awareness and consciousness. Cleaner and Responsible Consumption. Volume 8. https://doi.org/10.1016/j.clrc.2023.100109
Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavior and Human Decision Processes. Vol 50 No. 2. Pp. 179-211
Digital Agency Jakarta. (2024). Faktanya Beda! Survey 2024 Media Sosial Di Indonesia. https://dipstrategy.co.id/blog/statistik-media-sosial-berdasarkan-generasi-di-indonesia/. Diakses pada tanggal 11 September 2024
Ferdinand, Augusty. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gomes, S., Lopes, J. M., Nogueira, S. (2023). Willingness to pay more for green products: A critical challenge for Gen Z. Journal of Cleaner Production. Volume 390. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2023.136092
Hair, Jr et.al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed). United States : Pearson
Hennig- Thurau, Thorsten, Kevin P. Gwinner, Gianfranco Walsh, and Dwayne D. Gremler. (2004). Electronic Word-of-Mouth via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing. 18 (1): 38-52
Kamil, R., Laksmi. (2023). Generasi Z, Pustakawan dan Vita Activa Kepustakawanan. BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi. Hal 25-34. DOI: 10.55981/j.baca.2023.1119
Kaplan, A. & Haenlein, M. (2010). User Of The World, Unite! The Challenge! And Opportunities Of Social Media. Prancis: Business Horizons.
Kardaras, N. (2016). Generat. Z. Sci. Am. Mind, 27 (2016), pp. 64-69. https://www.jstor.org/stable/24945499
Morgan, R.M. and Hunt, S.D. (1994). The commitment-trust theory of relationship marketing. Journal of Marketing, Vol. 58 No. 3, pp. 20-38
Mudana, I. G. A. M. G. (2018). Eksistensi Pariwisata Budaya Bali dalam Konsep Tri Hita Karana. Jurnal Ilmiah Hospitality Management. 8(2). Pp. 61-68. https://doi.org/10.22334/jihm.v8i2.139
Schmitt, B. (1999). Experiential Marketing: How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands. Vol. 22. New York: The Free Press. p63-65
Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta
Sun, Y., Xing, J. (2022). The Impact of Social Media Information Sharing On The Green Purchase Intention Among Generation Z. Sustainability. MDPI. http://dx.doi.org/10.3390/su14116879
Topic, M., Mitchell, B. (2020). Generation Z and Consumer Trends in Environmental Packaging. Project Report. The Retail Institute. Leeds. http://eprints.leedsbeckett.ac.uk/6066/
World Economic Forum. (2022). Gen Z Cares About Sustainability More Than Anyone Else-And Is Starting to Make Other Feel The Same. https://www.weforum.org/agenda/2022/03/generation-z-sustainability-lifestyle-buying-decisions/. Diakses pada tanggal 11 September 2024
Zeithaml, A. V. (1988). Consumer Perceptions of Price, Quality And Values: A Means – End Model And Synthesis Of Evidence. Journal of Marketing. Vol. 52. p. 2-22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mayang Fitri Anggani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.