IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN 17 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38311Keywords:
Pembelajaran Kontekstual, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual mata Pelajaran IPAS pada kurikulum Merdeka di SDN 17 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan gejala, peristiwa serta kejadian yang terjadi yaitu berupa Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada mata Pelajaran IPAS di SDN 17 Pekanbaru. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pola berfikir induktif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPAS di SDN 17 Pekanbaru dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dalam proses belajar mengajar selalu menggunakan berbagai metode, media, dan sumber belajar. Disamping itu, SDN 17 Pekanbaru juga mengkaji materi yang telah diajarkan dan melihat kondisi siswa sebagai subjek pendidikan, sarana, rencana pembelajaran hingga pada penilaian sebenarnya. Dalam penilaian IPAS tidak hanya melalui tes tertulis tetapi juga pengamatan terhadap perkembangan kemampuan dan tingkah laku siswa dalam mengikuti pembelajaran IPAS serta dalam kehidupan mereka seharihari. Jadi, ketujuh komponen pendekatan pembelajaran kontekstual yaitu: konstruktivisme, inquiry, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik; sudah ada dan diterapkan sebagai pendekatan pembelajaran pada mata pelajaran IPAS di SDN 17 Pekanbaru ini.References
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407.
Artini, N. M. (2022). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 3(3), 409–417. https://doi.org/10.36733/jsp.v8i2.166
Aziz, M. A., & Sanwil, T. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 76–83. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen
Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring Ditengah Pandemi Covid-19. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 79–88. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola/article/view/1377
Damayanti, G. A., & Muhroji, M. (2022). The Difficulties of Elementary School Teacher in Developing Thematic Learning Tools for the Merdeka Curriculum. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 703. https://doi.org/10.33394/jk.v8i3.5770
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://www.neliti.com/publications/176892/pembelajaran-matematika-yang-bermakna
Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Hulaimi, A. (2019). Strategi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Tarbawi, 4(1), 76–92.
Istaryatiningtias, Silviana, & Hidayat. (2021). Management of the Independent Learning Curriculum during the Covid-19 Pandemic. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(1), 176–184.
Khikmiyah, F., Huda, S., & Yunita, N. (2022). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Untuk Guru Paud Di Kabupaten Gresik. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 2082–2091. http://ditpsd.kemdikbud.go.id
Nurjatisari, T., Sukmayadi, Y., & Nugraheni, T. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kemasan Pertunjukan Seni pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4).
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120
Pratiwi, D. I., Kamilasari, N. W., Nuri, D., & Supeno. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 2 JEMBER. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 269–274.
Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. http://dx.doi.org/10.1038/s41421-020-0164-0%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-020-15507-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41587-020-05
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurhaliza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.