PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 SUNGAI KAKAP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.38275Keywords:
Media Pembelajaran, Powtoon, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam menulis teks berita di kelas VIII SMP Negeri 11 Sungai Kakap. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen yang menggunakan Powtoon (74,59) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (67,56). Dengan demikian, penggunaan Powtoon terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.References
Akbar, R. R. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Al Madina, S. I. (2019). Analisis Kelayakan Struktur, Unsur, Kebahasaan Dan Pola Pengembangan Paragraf Pada Teks Berita Hasil Karya Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 31 Semarang Dan.
Alpin, T. Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 30 Muaro Jambi Berdasarkan Tayangan Kick Andy. Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 30 Muaro Jambi Berdasarkan Tayangan Kick Andy.
Angriani, P., & Maharani, I. (2019, March). Pengaruh Media Iklan Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 15 Palembang. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang (Vol. 12, No. 01).
Dalman.(2016). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.
Fitriyani, D. (2015). Penguasaan kalimat efektif dan penguasaan diksi dengan kemampuan menulis eksposisi pada siswa SMP. Jurnal Pesona, 1(2).
Hamdani,Drs.,M.A.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Cv. Pustaka Setia.
Hendikawati, P. (2011). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(1), 27-35.
Hidayah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi.
Yogyakarta: Garudhawaca
Hulu, H. I. (2015). Pengaruh Penguasaan Pronomina Penunjuk Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Tahun Ajaran 2014/2015.
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221-228.
Ismail, M. I. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran.
Makassar : cendekia publisher
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hariyadi Hariyadi, Rini Agustina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.