PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN CHATGPT DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA KALIMANTAN SELATAN

Authors

  • M. Hafiz Fathony Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan
  • Ayu Anindia Hizraini Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan
  • Redhana Aulia Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan
  • Almaisarah Almaisarah Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37966

Keywords:

Persepsi Mahasiswa; ChatGPT; Pembelajaran; Etika Penggunaan

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, penggunaan kecerdasan buatan (AI) seperti ChatGPT mulai diintegrasikan dalam dunia Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan terhadap penggunaan ChatGPT dalam mendukung proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa secara umum memiliki persepsi positif terhadap penggunaan ChatGPT, terutama dalam hal kemudahan akses, efisiensi waktu, dan kemampuan ChatGPT memberikan informasi yang lengkap dan mudah dipahami. Meskipun demikian, terdapat beberapa kekhawatiran terkait ketergantungan pada teknologi, yang dapat mengurangi motivasi belajar mandiri dan keterampilan berpikir kritis. Selain itu, kekhawatiran terkait etika penggunaan, seperti plagiarisme dan kesulitan dosen dalam menilai kemampuan asli mahasiswa, juga muncul dalam temuan penelitian. Penelitian ini menyarankan perlunya pedoman yang jelas mengenai penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran, serta metode penilaian yang lebih adaptif untuk memastikan penggunaan teknologi ini tidak mengurangi kualitas pembelajaran di universitas.

References

Afriyadi, H., Hayati, N., Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. CV. Pilar Nusantara.

Amalia, A., & Murwaningsih, T. (2024). Penggunaan chatgpt pada pembelajaran teknologi perkantoran kelas X MPLB 3 SMK Negeri 1 Surakarta. Cendikia Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(11), 310-323.

Amalia, A., Fahmy, A. F. R., Sari, N. H. M., Nugroho, D. A., Prabowo, D. S., Pujiono, I. P., & Syukron, A. A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence (AI) di Sekolah. Penerbit NEM.

Chelsya, C., & Cindy, N. (2024). Persepsi Mahasiswa Terhadap Peran Dan Praktik Artificial Intelligence Akuntansi Di Indonesia. Economics and Digital Business Review, 5(2), 1087-1103.

Darmawan, I. K. A., & Adiguna, J. (2024). Analisis Persepsi Dan Preferensi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chatgpt Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Universitas Samawa Fakultas Ekonomi Dan Manajemen): Analysis of Student Perception and Preference Toward the Use of ChatGPT in the Learning Process (Case Study at Samawa University Faculty of Economics and Management). Jurnal TAMBORA, 8(2), 10-24.

Hertati, L. (2023). Exploring Moralitas Individual Mahasiswa, Sebuah Peran Mengatasi Etika Kecurangan Mahasiswa Akuntansi Di Dunia Pendidikan. Jurnal Relevansi Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 116-126.

Husnaini, M., & Madhani, L. M. (2024). Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah. Journal of Education Research, 5(3), 2655-2664.

Merentek, T. C., Usoh, E. J., & Lengkong, J. S. J. (2023). Implementasi Kecerdasan Buatan ChatGPT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26862-26869.

Noviadhi, I. Y., Denyana, N. T., Romadhoni, A. S., Hidayat, M. D., Ihsan, M. K., Mardlotillah, Z., & Pandhowo, D. (2024). Penerapan Teknologi Artificial Intelligence ChatBots dalam Proses Belajar Mengajar untuk Mata Kuliah Sistem Operasi pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Negeri Semarang di Era Industri 4.0 dan Society 5.0. Jurnal Mediasi, 3(1), 93-105.

Putri, V. A., Sotyawardani, K. C. A., & Rafael, R. A. (2023, October). Peran artificial intelligence dalam proses pembelajaran mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 615-630).

Rachbini, W., & Evi, T. (2023). Pengenalan Chatgpt Tips Dan Trik Bagi Pemula. Cv. Aa. Rizky.

Sholihatin, E., Saka, A. D. P., Andhika, D. R., Ardana, A. P. S., Yusaga, C. I., Fajar, R. I., & Virgano, B. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. JURNAL TUAH: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 5(1), 1-10

Sugiarto, S., & Suhono, S. (2023). Studi Kasus Penggunaan ChatGPT pada Mahasiswa di PTKI Lampung. Jurnal Al-Qiyam, 4(2), 110-119.

Sunarti, S. (2024). Transformasi Pembelajaran Digital Dengan Artificial Intelligence. Jurnal Perspektif, 17(1), 85-96.

Downloads

Published

2024-11-20

How to Cite

Fathony, M. H. ., Hizraini, A. A. ., Aulia, R. ., & Almaisarah, A. (2024). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN CHATGPT DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA KALIMANTAN SELATAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 16601–16607. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37966

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.