PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMAN 11 BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36675Keywords:
Project Based Learning, Canva, Hasil Belajar, BioteknologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan aplikasi canva pada materi bioteknologi di SMAN 11 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IPAS X-5 dengan jumlah 35 peserta didik. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan tes dan instrumen penelitian menggunakan soal. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan perhitungan persentase. Hasil belajar mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 30,28 dan hasil belajar pada siklus II sebesar 50.85 dengan persentase peningkatan sebesar 15,8 %. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 65,7% dan pada siklus II meningkat menjadi 94.2%. Jadi, ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 28.5%. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PJBL dengan aplikasi canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bioteknologi di SMAN 11 Banda Aceh.References
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Darma, Nyoman dan W. Sandra. 2013. Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep dan Daya Matematika Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa SMP Nasional Plus Jembatan Budaya. E- journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganasha Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 2: 11-12.
Emalfida. 2016. Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Sikap Ilmiah Peserta Didik MTsS Alfurqan Bambi. Jurnal. Edu Bio Tropika. Vol.1, No.1
Khairat, Y. 2020. Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan. Jurnal. Jurnal teknologi Pendidikan. Vol 9 No. 2 (hlm. 185- 196).
Makhlisotul Adina, Fine Reffiane, Arfilia Wijayanti. 2021. Keefektifan Model PJBL Berbantu Canva Pada Tema 7 Subtema 1 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Muntung Tahun 2021. Jurnal. Jurnal Ilmiah Majalah Lontar Vol 33.no 2
Maryani Anjasmari (2023). Project Based Learning: Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Jenis Wiwaha Menggunakan Media Canva di SMA Negeri 1 Basarang. Jurnal. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 8, Nomor 1, Mei 2023 P-ISSN: 2527-4287 - E-ISSN: 2527-6794
Ni Kadek Nora Utarini (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjJL) dengan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Peserta Didik Kelas XII BDP 1 SMK Negeri 1 Negara. Jurnal. Widyadari, 23(1), 105 - 114
Pujiriyanto. 2019. Modul 2 Pendidikan Profesi Guru Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Keudayaan.
Rismayawati, E. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Based Project untuk Meningkatkan Hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Materi Desain Produk. Jurnal. Journal of Education Action Research. Vol 4 No. 1 (hlm. 62- 70).
Salam, M. (2021). Model Project Based Learning Berbasis Infografis Pada Mata Kuliah Pancasila untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah. Basicedu, 5793-5801.
Sari, Lesta Septia., & Siti Fatonah. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1).
Widya Dari (2022). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Dengan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Peserta Didik Kelas XIIBDP 1 SMK Negeri 1 Negara. Jurnal. Vol. 23 No. 1
Wulan Dwi. Implementasi Model PJBL Dengan Infografis Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ips Peserta Didik VIIB SMPN 1 Kandeman. Jurnal. Vol.7, No.1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Emalfida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.