PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN BAHASA ARAB BERBASIS KOMPETENSI DI ERA PENDIDIKAN 4.0.

Authors

  • Meisil Yanda UIN Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36493

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan Bahasa Arab, Kompetensi, Era Pendidikan

Abstract

Kurikulum perlu beradaptasi dengan perubahan teknologi dan kebutuhan zaman. Fokus utama adalah pada pembentukan kompetensi praktis yang mencakup kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Arab, literasi digital, berpikir kritis, serta kolaborasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan library research atau penelitian kepustakaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari berbagai artikel ilmiah, jurnal akademik, dan laporan hasil penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Bentuk pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa Arab Berbasis kompetensi di era pendidikan 4.0 yaitu integrasi teknologi digital, pendekatan pembelajaran berbasis kompetensi, pemanfaatan media digital dalam pembelajaran bahasa, peningkatan kompetensi guru dan penilaian berbasis proyek dan kinerja. 2). Kompetensi siswa dalam pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa Arab di era pendidikan 4.0 adalah kompetensi komunikasi bahasa arab yang efektif, literasi digital, pemecahan masalah dan berpikir kritis, kolaborasi dan kerja tim, kreativitas dalam menghasilkan konten berbahasa arab dan adaptabilitas terhadap teknologi pembelajaran baru. 3). Teknik integrasi teknologi digital dan alat pembelajaran dalam pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa Arab di era pendidikan 4.0 yaitu penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif, implementasi e-learning dan platform LMS (learning management system), pemanfaatan media sosial untuk pembelajaran kolaboratif, penggunaan konten multimedia (audio-visual), penerapan metode flipped classroom (kelas terbalik), penggunaan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) dan pemanfaatan alat penerjemahan berbasis AI

References

Annisa, M. (2023). Analisis Kebutuhan Belajar Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Dalam Konteks Pendidikan Tinggi. Eloquence Journal of Foreign Language, 2(2), 313-328. https://doi.org/10.58194/eloquence.v2i2.861

Anwar, M. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Arab: Studi Kasus Di PJJ PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. AJOAL, 1(1), 54-69. https://doi.org/10.69493/ajoal.v1i1.13

Aswandi, A. and Wahab, W. (2023). Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran PAI Di SMP IT Bustanul Qur’an Kabupaten Melawi. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 166-173. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.313

Aulia, M., Rokhimawan, M., & Nafiisah, J. (2022). Desain Pengembangan Kurikulum Dan Implementasinya Untuk Program Pendidikan Agama Islam. Journal of Education and Teaching (Jet), 3(2), 224-246. https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.184

Aziz, A., Prastya, D., Jubba, H., & Wahyuni, H. (2021). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 001 Sebatik Barat. Ideas Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 7(3), 1. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.409

Fatimah, D., Latifah, A., & Haniyah, H. (2022). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Kata Benda Bahasa Arab Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Algoritma, 19(2), 781-789. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1209

Fiangga, S., Prihartiwi, N., Kohar, A., Palupi, E., & Susanah, S. (2023). Pendampingan Pengembangan Realistic Mathematics-Project Based Learning Untuk Menyongsong Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMP Trenggalek. Jurnal Anugerah, 4(2), 145-156. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4967

Hafitria, A. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7548-7556. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2200

Hambali, U. (2023). Tinjauan Literatur Tentang Integrasi Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Keterampilan Bahasa Inggris. Jurnal Dieksis Id, 3(2), 128-141. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.346

Huda, A. (2018). Evaluasi Kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab Berbasis Integratif-Holistic Di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Jurnal Tarbiyatuna, 9(2). https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v9i2.2414

Huda, A. (2018). Evaluasi Kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab Berbasis Integratif-Holistic Di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Jurnal Tarbiyatuna, 9(2). https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v9i2.2414

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52-75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Huda, N. (2023). Pentingnya Bahasa Arab Dalam Pendidikan Diplomasi Dan Hubungan Internasional. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(11), 1242-1252. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i11.2335

Jailani, M., Wantini, W., Suyadi, S., & Bustam, B. (2021). Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik Dalam Pembelajaran: Studi Kasus Pada Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 151-167. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6115

Julaeha, J. (2023). Pengaruh Manajemen Mutu Terpadu Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab. Madinasika, 4(2), 39-47. https://doi.org/10.31949/madinasika.v4i2.7303

Khitom, K. and Taufik, T. (2023). Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Keislaman Islam Negeri (PTKIN). Tadris Al-Arabiyat Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 28-44. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v3i1.1766

Khitom, K. and Taufik, T. (2023). Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Keislaman Islam Negeri (PTKIN). Tadris Al-Arabiyat Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 28-44. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v3i1.1766

Lestari, N. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Menjawab Tantangan Era Society 5.0 Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 736-746. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1996

Mahmud, B. and Hamzah, H. (2020). Pembelajaran Efektif Dalam Pengajaran Bahasa Arab Tingkat Menengah. Loghat Arabi Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 23. https://doi.org/10.36915/la.v1i1.3

Meyanti, I. (2023). Tuntutan Digital Literasi Pada Kurikulum Pendidikan IPS. Media Komunikasi FPIPS, 22(2), 115-122. https://doi.org/10.23887/mkfis.v22i2.62514

Munir, H. (2023). Evaluasi Kurikulum Bahasa Arab Di SMP IT Jaisyul Qur’an Bandung. Setyaki Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i2.196

Munir, H. (2023). Evaluasi Kurikulum Bahasa Arab Di SMP IT Jaisyul Qur’an Bandung. Setyaki Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i2.196

Munir, H. (2023). Evaluasi Kurikulum Bahasa Arab Di SMP IT Jaisyul Qur’an Bandung. Setyaki Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i2.196

Munir, H. (2023). Evaluasi Kurikulum Bahasa Arab Di SMP IT Jaisyul Qur’an Bandung. Setyaki Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i2.196

Novita, A. and Munawir, M. (2022). Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi Pada Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1378-1386. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1947

Nuha, M. and Faedurrohman, F. (2022). Manajemen Perencanaan Kurikulum Bahasa Arab (Tinjauan Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi). Al-Muyassar Journal of Arabic Education, 1(2), 203. https://doi.org/10.31000/al-muyassar.v1i2.6488

Nuha, M. and Faedurrohman, F. (2022). Manajemen Perencanaan Kurikulum Bahasa Arab (Tinjauan Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi). Al-Muyassar Journal of Arabic Education, 1(2), 203. https://doi.org/10.31000/al-muyassar.v1i2.6488

Nuryana, Z. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam. Tamaddun, 19(1), 75. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.818

Purba, A. (2023). Peran Teknologi Dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia Di Era Digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society, 3(3), 43-52. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619

Ritonga, M., Nazir, A., & Wahyuni, S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kota Padang. Arabiyat Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1). https://doi.org/10.15408/a.v3i1.2879

Widarti, H. (2023). Analisis Konten Dan Materi Pendampingan Peningkatan Kompetensi Pendidik Kelompok MGMP Kimia Sidoarjo: Studi Pendahuluan. Samakta J. P. M., 1(1), 8-15. https://doi.org/10.61142/samakta.v1i1.30

Zainuddin, G. (2023). Kebolehgunaan Aplikasi Myarabiy Game Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Rendah Agama JAIS. E-Jurnal Penyelidikan Dan Inovasi, 10(2), 176-196. https://doi.org/10.53840/ejpi.v10i2.144

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Yanda, M. . (2024). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN BAHASA ARAB BERBASIS KOMPETENSI DI ERA PENDIDIKAN 4.0. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6285–6293. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36493