UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA KELAS 4 DI UPT SPF SD NEGERI GUNUNG SARI II KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36013Keywords:
Peningkatan Hasil Belajar, Keterampilan Berbicara Siswa, Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw di Kelas IV UPT SPF SD Negeri Gunung Sari II, serta dampaknya terhadap hasil belajar dan keterampilan berbicara siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya evolusi positif dalam peningkatan hasil belajar dan keterampilan berbicara siswa. Pada Siklus I, fokus utama terletak pada pemahaman konsep, interaksi antar siswa, dan penguasaan materi. Kemudian, pada Siklus II, terdapat peningkatan signifikan dalam hasil evaluasi siswa, yang mencerminkan kemajuan yang konsisten dalam pemahaman materi dan keterampilan berbicara. Implementasi model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berbicara siswa secara keseluruhan.Downloads
Published
2024-10-15
How to Cite
Hikmah, N. ., Alannasir, W. ., & Erniati, E. (2024). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA KELAS 4 DI UPT SPF SD NEGERI GUNUNG SARI II KOTA MAKASSAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14854–14860. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36013
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Nur Hikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.