MENCIPTAKAN PELUANG BISNIS BERDASARKAN KREATIVITAS DAN PENGEMBANGAN USAHA BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35794Keywords:
Kewirausahaan, Kreativitas Mahasiswa, Dan Peluang UsahaAbstract
Artikel ini mengeksplorasi pentingnya kreativitas mahasiswa dalam menciptakan peluang bisnis yang inovatif. Dengan memanfaatkan ide-ide yang menghasilkan daya cipta, mahasiswa Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dapat berperan penting dalam menemukan dan mengembangkan potensi bisnis yang belum tergali. Artikel ini menunjukkan kepada mahasiswa bagaimana menjadi kreatif dan mengembangkan konsep bisnis yang unik dan menarik. Fokusnya adalah bagaimana kreativitas dapat menjadi elemen kunci dalam membuka peluang baru, mendorong pertumbuhan bisnis, dan memberikan dampak positif terhadap perekonomian. Pendekatan ini mendorong mahasiswa untuk memandang peluang bisnis sebagai suatu hal yang belum dieksplorasi, dan diharapkan kreativitas dapat menjadi katalis inovasi dalam dunia kewirausahaan.References
Alma, B. (2013). Kewirausahaan. Alfabeta.
Bygrave, W. D., & Hofer, C. W. (1991). Theorizing about entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice, 16(2), 13–22.
Guilford, J. P. (1950). Creativity. American Psychologist, 5(9), 444–454.
Hisrich, R. D., & Peters, M. P. (2002). Entrepreneurship. McGraw-Hill.
Kuratko, D. F., & Hodgetts, R. M. (2004). Entrepreneurship: Theory, process, and practice. Cengage Learning.
Mutiara Deviena Dwi Putri et al. (2023). Pengelolaan dan pengembangan usaha aksesoris Tjorak Mootera di Bandung. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 25–32. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i1.2029
Pradita Nindya Aryandha, & Chandra Wisnu Utomo. (2022). Pengembangan usaha mahasiswa berwirausaha (studi kasus di Program Studi Manajemen Universitas Islam Indonesia). Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, 2(2), 111–119. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i2.173
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Management. Pearson.
Scarborough, N. M., & Zimmerer, T. W. (2008). Effective small business management. Pearson.
Sembiring, D. R. (2018). Pengantar bisnis. Seiko, 1(1), 256. www.prenandamedia.com
Seprillina, L., Qurrata, V. A., Narmaditya, B. S., & Sarkaji, S. R. B. (2021). Dari teori ke praktik: Kesadaran mahasiswa berwirausaha dan peningkatan skala bisnis usaha. Jurnal Karinov, 4(2), 76–81. https://dataindonesia.id/pendidikan/detail/jumlah-mahasiswa-indonesia-sebanyak-932-juta-orang-pada-2022
Sternberg, R. J., & Lubart, T. I. (1999). The concept of creativity: Prospects and paradigms. Dalam R. J. Sternberg (Ed.), Handbook of creativity (pp. 3–15). Cambridge University Press.
Suryana, S. (2010). Kewirausahaan: Keterampilan memulai usaha. Salemba Empat.
Wangania, D., Tarandung, C., Patiro, A., Rembet, N., Wangania, T., Tumiwa, O., Lutia, E., Mamuko, D., Nusa, R., & Katulung, H. (2024). Menciptakan peluang bisnis berdasarkan kreativitas mahasiswa Universitas Teknologi Sulawesi Utara. Maeswara: Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(3), 01–08. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i3.849
Zimmerer, T. W. (2010). Essentials of entrepreneurship and small business management. Pearson.
Zr, J., Munadia, K., Lubis, S. A., & Keling, M. (2023). Peluang usaha sebagai kreativitas mahasiswa untuk berwirausaha. Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 89–95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitriani Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.