ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS IV SDN 106162 MEDAN

Authors

  • Gati Sri Handayani Universitas Negeri Medan
  • Greace Naomi Br Ginting Universitas Negeri Medan
  • Nadhira Tita An Ni’mah Universitas Negeri Medan
  • Siti Sugiarti Mawaddah Universitas Negeri Medan
  • Viona Fatrisia Barimbing Universitas Negeri Medan
  • Yangel Ruth Anastasia Simatupang Universitas Negeri Medan
  • Fitriani Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29945

Keywords:

Kesulitan, Berbahasa, Cerita Pendek

Abstract

Pada penelitian ini menampilkan kesulitan siswa dalam memahami salah satu kemampuan berbahasa atau menulis, menyimak, hingga mendengarkan di sekolah dasar. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam menulis cerita pendek siswa kelas IV SDN 106162 Medan. Penulisan artikel ini menggunakan metode kualitatif yang pengumpulan data penelitiannya melakukan observasi, menganalisis percakapan, menganalisis tuturan perkataan, menganalisis hasil isi data yang dikumpulkan, dan menyusun, mengumpulkan, dan mengambil data yang telah dilakukan. Pembahasan artikel ini menjelaskan tentang kesalahan berbahasa afiksasi, keterampilan menulis, dan juga teks cerpen. Kesimpulan dari hasil penelitian ialah peningkatan pemahaman dan penerapan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui pembelajaran interaktif dan menyenangkan seperti permainan kata ataupun diskusi kelompok.

References

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Astuti, N. K., Maharani, F. F., & Setyawati, R. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD N Bogotanjung 01 Gabus Pati. Sinesis: Jurnal Bahasa, 2(2), 1-8. https://doi.org/10.24176/sinesis.v2i1.11885

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1. 38075.

Fiska, Rama. 2024. Pengertian Cerpen: Struktur, Fungsi, Ciri, Unsur dan Contoh Cerpen. Gramedia, BlogSpot. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-cerpen-struktur-fungsi-ciri-unsur-dan-contoh-cerpen/

Khoerunajah, N., Prana, D. I., & Dadan, N. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 2579-3403. https://doi.org/10.24036/jippsd.v8il.

Nafinuddin, S. (2020). Analisis kesalahan berbahasa dalam Bahasa Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/f5kbx

Tanjung, J. H., & Yuhdi, A. (2023).

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM CERPEN SISWA KELAS IX SMP SWASTA SALSA PERCUT. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 4(1), 348-362.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Handayani, G. S. ., Ginting, G. N. B. ., Ni’mah, N. T. A. ., Mawaddah, S. S. ., Barimbing, V. F. ., Simatupang, Y. R. A. ., & Lubis, F. . (2024). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS IV SDN 106162 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7889–7893. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29945