PENINGKATAN PEMAHAMAN MENULIS TEKS ULASAN FILM PENDEK MELALUI METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PANTI ASUHAN LESTARI SUMUT INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35546Keywords:
Teks Ulasan Film, Metode Pembelajaran Interaktif, Anak-anak, Panti AsuhanAbstract
Kemampuan menulis merupakan salah satu dari tiga kecerdasan linguistik (berbicara, menulis, dan memahami bahasa) yang penting untuk dimiliki oleh manusia, khususnya anak-anak. Namun kenyataannya di kalangan anak-anak, khususnya anak yang tinggal di panti asuhan, keterampilan menulis ini justru terhambat untuk dapat mereka rasakan. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan alat peraga seperti buku maupun media pembelajaran lainnya yang dapat menunjang proses pembelajaran mereka. Dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan pada anak-anak Panti Asuhan Lestari Sumut Indonesia, mahasiswa berperan dalam meningkatkan kemampuan menulis dan pemahaman anak mengenai teks ulasan, salah satunya adalah teks ulasan film. Adapun metode yang digunakan adalah metode pembelajaran interaktif berbasis media film animasi pendek yang ditujukan bagi anak-anak agar mampu menerima informasi secara efektif dan menyenangkan. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan pemahaman dan kemampuan menulis teks ulasan film pada anak-anak. Dari hasil kegiatan yang dilakukan, terdapat peningkatan pemahaman anak-anak akan teks ulasan film yang tercermin dari kemampuan menyimak, menulis, dan menceritakan kembali hasil teks ulasan film yang telah mereka susun. Hal ini menunjukkan bahwa media film animasi pendek efektif dalam meningkatkan pemahaman menulis teks ulasan film pada anak-anak.References
Ainun, A. A., Jumriati, J., & Erniati, E. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGENAI TEKS ULASAN FILM/DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANGKAJENE. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7222-7233.
Apriana, N., Wirdah, T., & Sinaga, A. E. (2020). Teks Ulasan. Medan: Guepedia.
Darmansyah, A. A., Amin, A., & Solahudin, I. (2023). Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Ulasan Cerpen Pada Siswa SMP melalui Penggunaan Media Film Pendek. Prosiding Serimbi, 1(2), 104-109.
Ernawati, N. L. S., & Rasna, I. W. (2020). Menumbuhkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 103-112.Hudaa, Syihaabul. (2018). Estetika Berbahasa Mengapresiasi Bahasa untuk MTs/SMP Kelas VIII. Bojong genteng: CV Jejak
Lubis, F., dkk. (2024). BAHASA INDONESIA UNTUK PERGURUAN TINGGI. Medan: CV DARIS INDONESIA.
Nisa, A. C. Pengaruh media film pendek terhadap keterampilan menulis teks ulasan siswa di man jakarta selatan tahun pelajaran 2023-2024 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Parlina, I., & Wahyuni, E. (2021). Analisis Struktur Dan Ciri Kebahasaan Teks Ulasan Film Di Google Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Untuk SMP Kelas VIII. Dialektologi, 6(02), 63-68.
Pradana, R. R. P. (2023). ELEKTRONIK REFLEKSI DIRI (E-RD) SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI TEKS ULASAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP BATIK PROGRAM KHUSUS SURAKARTA DI MASA PERPANJANGAN PSBB. Jurnal Analisis Pendidikan Sosial, 1(1), 8-13.
Septiani, Z. C., & Zaitun, Z. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Film Pendek untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Teks Ulasan di SMP Labschool FIP UMJ. SEMNASFIP.
Sukardi, I. P., & Syahrul, R. (2019). Pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks ulasan film siswa kelas XI SMA N 7 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8, (3), 141-150.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Valentina Siringoringo, Lyla Tobing, Lestari Tohang, Merlindang Simamora, Jelvan Lase, Fitriani Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.