PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35684Keywords:
Keaktifan, Hasil Belajar, Team Games Tournament (TGT)Abstract
Adanya permasalahan pembelajaran IPAS yang menimbulkan peserta didik kurang aktif dan hasil belajarnya menurunyang melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar IPAS melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas V di SDN Pajang 01 Surakarta yang berjumlah 27 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pra siklus menunjukkan rata-rata persentase keaktifan belajar 47,42% dan persentase ketuntasan hasil belajar IPAS siswa sebesar 65,22% sedangkan pada siklus I memperoleh rata-rata persentase keaktifan belajar 61,38% dan persentase ketuntasan hasil belajar IPAS sebesar 74,96%. Kemudian pada siklus II menunjukkan rata-rata persentase keaktifan belajar siswa sebesar 78,64% dan persentase ketuntasan hasil belajar IPAS siswa sebesar 91.48%. sehingga simpulan penelitian ini yaitu melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar.Downloads
Published
2024-10-07
How to Cite
Hayuningtyas, F. ., & Novitasari, M. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14423–14429. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35684
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Fadilla Hayuningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.