PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG BAGI SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 23 SURAKARTA PADA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2023/2024.
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35336Keywords:
Hasil belajar, Problem Based Learning, Matematika.Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk memperbaiki hasil belajar matematika siswa kelas II SD Muhammadiyah 23 Surakarta pada semester kedua tahun pelajaran 2023/2024 dalam materi bangun ruang dan bangun. Hasil belajar sebelum penelitian ini dilakukan menunjukkan nilai yang kurang maksimal. Hasil ulangan Matematika dengan materi bangun datar dan bangun ruang siswa SD Muhammadiyah 23 Surakarta pada semester kedua tahun pelajaran 2023/2024 adalah 33% dari 28 siswa yang tuntas. Penelitian tindakan kelas sangat penting dilakukan untuk melaksanakan pembelajaran perbaikan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus memiliki empat fase. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model Problem Based Learning dan variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Data penelitian diperoleh melalui tes, kemudian dianalisis secara deskriptif komparatif untuk membandingkan hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah siklus. Temuan peneliti ini meningkatnya nilai rata-rata kelas sebelum tindakan dari 62, menjadi 86 setelah tindakan. Jumlah siswa yang tuntas dari 9 menjadi 24. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar dan bangun ruang. Penelitian ini dapat dikatakan sukses karena berhasil mencapai target kinerja, yaitu 75% siswa memperoleh nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).References
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78.
Hadi, S. (1995). Metodologi Research Jilid IV. Yogyakarta: Andi Offset. 2004. Statistik Jilid, 3.
Illahi, F., Montessori, M., & Suryana, D. (2020). Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Research Dan Learning in Elemnetary Education, 4(4), 969–976.
Jabar, A., & Noor, F. (2015). Identifikasi tingkat berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori van Hiele. Universitas Islam Negeri Antasari.
Mardliyah, A. A. (2019). Budaya literasi sebagai upaya peningkatan keterampilan berpikir kritis di era industri revolusi 4.0. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) UNIM, 1, 171–176.
Mursalin, M. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientai Teori Belajar Piaget. DIKMA (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(2), 250–258.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298.
Suharjana, A. (2008). Mengenal Bangun Ruang dan Sifat-Sifatnya di Sekolah Dasar. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika, 2(1), 5.
Suwangsih, E. (2006). Model pembelajaran matematika. Bandung: UPI.
Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1700–1708.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggih Martrianingrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.