PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V DI SD NEGERI PAO-PAO KABUPATEN GOWA

Authors

  • Reski Amalia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurinaya Risqi Rasman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Erni Ekafitria Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34766

Keywords:

Discovery Learning, Culturally Responsive Teaching (CRT), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model Discovery Learning dengan menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Pendidikan pancasila peserta didik kelas V SD Negeri Pao-Pao di Kabupaten Gowa, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menerapkan Discovery Learning menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran pendidikan pancasila peserta didik kelas V di SD Negeri Pao-Pao Kabupaten. Penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam II siklus. Setiap siklus ini terdiri dari satu kali pertemuan, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Poa-Poa Kabupaten Gowa yang berjumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan peserta didik, lembar tes yang diberikan kepada peserta didik setelah pembelajaran dan dokumentasi. Data yang didapatkan dalam penelitian dianalisis menggunakan deskriptif (persentase) dan nilai rataan (mean). Hasil dari penelitian dilihat dari hasil penerapan Model Discovery Learning dan Pendekatan Culturally Responsive Teaching meningkatkan hasil belajar siswa, mengubah interaksi dalam kelas, menumbuhkan minat, motivasi serta membuka kesempatan siswa untuk berinteraksi dengan baik sehingga materi yang diberikan dapat tertanam dengan kuat dalam pikiran siswa dengan nilai rata-rataan hasil belajar meningkat dari 63,79 di siklus 1 dan meningkat menjadi 81.06 di siklus II, dengan nilai tertinggi 85 di siklus 1 dan nilai tertinggi 100 pada siklus II sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model Model Discovery Learning dan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila.

References

Alfitry, Shilfia. Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran. Pekan baru: Guepedia, 2020.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Azhar, Lalu. Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya: Usaha Nasional, 1993.

Cintia, I.N., dkk. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Prespektif Ilmu Pendidikan. Vol 32, No 1, 2018.

Djiwandon, Sri Esti W. Psikologi Pendidikan. Malang: Grasindo, 2002.

Fajri, Z. “Model Pembelajran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD”. Jurnal IKA, Vol 7, No 2, 2019.

Hamdan. Pengembangan dan Pembinanaan Kurikulum. Teori dan Praktek Kurikulum PAI. Banjarmasin: 2009.

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Helmiyati. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.

Hosnan, Muhammad. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2014.

In’am, A., & Hajar, S. “Learning Geometry Through Discovery Learning Using a Scientific Approach”. Internasional Journal of Instruction, Vol 10, No 1, 2017.

Jihad, Asep. & Haris, Abdul. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo, 2009.

Pratiwi, E., & Lufri. “Effect of Discovery Learning Model Assisted by Scientific Approach Based Worksheet on XI Grade Students’ Affective Competence in SMAN 2 Padang Panjang”. Internasional Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 14(2), 2019.

Putra, Nusa dan Santi Lisnawati, Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Rudibyani, B.R. “The Effectiveness of Discovery Learning to Improve Critical Thinking Skills College Student on Mastery of Arrhenius Acid Base”.Jurnal Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, Vol 2, No 1, 2018.

Downloads

Published

2024-09-18

How to Cite

Amalia, R. ., Rasman, N. R. ., & Ekafitria, E. . (2024). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V DI SD NEGERI PAO-PAO KABUPATEN GOWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13647–13655. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34766