PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 109 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34068Keywords:
Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), Teaching at the Right Level.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan apakah penerapan strategi TaRL dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas VB di SDN 109 Palembang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 27 siswa dari kelas VB. Peneliti menggunakan tes sumatif sebagai sarana pengumpulan data tentang hasil belajar kognitif siswa. Hasil yang diperoleh peneliti pada kegiatan pra-siklus, presentase ketuntasan hasil belajar pada peserta didik kelas VB menunjukan hasil yaitu 37,04%. Kemudian setelah tindakan pada siklus I, presentase ketuntasan hasil belajar pada peserta didik kelas VB sudah mengalami banyak peningkatan yaitu 62,96%. Setelah tindakan perbaikan yang dilakukan di siklus II, nilai hasil belajar peserta didik pada tes meningkat secara signifikan yaitu ada 21 peserta didik memiliki nilai yang memenuhi syarat ketuntasan dengan presentase ketuntasan 77,77%. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan TaRL ini berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VB pada pembelajaran IPAS, serta dapat membantu peserta didik kelas VB untuk mencapai capaian pembelajaran sesuai dengan kemampuannya.Downloads
Published
2024-09-05
How to Cite
Utami, P. I. ., Hiltrimartin, C. ., & Widioktafarani, H. . (2024). PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 109 PALEMBANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12540–12548. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34068
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Putri Indah Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.