ANALISIS MINAT BELAJAR PJOK SISWA BERPRESTASI DI SMP NEGERI 1 KEPENUHAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34058Keywords:
Minat, Belajar,Berprestasi,AnalisisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa berprestasi di SMP Negeri 1 Kepenuhan dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini meliputi seluruh siswa-siswi SMP Negeri 1 Kepenuhan yang berjumlah 110 orang, sampel didalam penilitian ini adalah siswa berprestasi dari rangking 1-10 disetiap rombongan belajar, yaitu 5 rombongan belajar. Maka sampel dalam penilitian ini berjumlah 50 orang. Data dikumpulkan dengan angket yang kategori jawaban skala Likert, tentang minat belajar PJOK yang sudah di uji validitas dan reliabililitasnya dengan jumlah pernyataan yang valid sebanyak 20 butir dari 40 butir angket. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik persentase dan pengolahan data dengan menentukan banyak kelas interval dan panjang kelas interval dalam pembobotan mengikuti aturan Sturges. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar pada siswa beprestasi dalam mengikuti pelajaran PJOK diperoleh sebanyak 1 orang (2%) berada dalam kategori sangat tinggi sekali, 1 orang (2%) berada dalam kategori sangat tinggi, 9 orang (18%) berada dalam kategori tinggi, 12 orang (18%) berada dalam kategori sedang, 18 orang (36%) berada dalam kategori rendah, 3 orang (6%) berada dalam kategori sangat rendah, 6 orang (12%) berada dalam kategori sangat rendah sekali. Berdasarkan dari hasil data analisis minat belajar PJOK pada siswa. Berprestasi di SMP Negeri 1 kepenuhan dapat diambil kesimpulan, bahwasanya Minat belajar siswa berprestasi di SMP Negeri 1 Kepenuhan berada pada kategori “Rendah” dengan persentase 36%.References
Aluwis, A., & Putra, R. (2022). Relevansi Empati Dengan Kepuasan Mahasiswa Dalam Mendapatkan Pelayanan Akademis. Journal of Education and Teaching, 3(2), 161–170.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86.
Anwar, K. (2019). Profil Kondisi Fisik Atlet Porprov Futsal Kabupaten Bangkalan Tahun 2019. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 4(2), 1–5.
Asmi, A., Neldi, H., & Khairuddin, F.-U. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui Metode Bermain pada Kelas Viii-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batusangkar. Jurnal MensSana, 3(1), 33–44.
Aziez, A. F. (2019). Kesesuaian Berbagai Varietas Padi Sawah pada Budidayaorganik. Jurnal Ilmiah Agrineca, 19(2), 36–46.
Dongoran, F. R., & Syaputri, V. Y. (2022). Analisis minat dan motivasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional USM, 3(1), 387–400.
Kusumah, R. (2022). Pola Asuh Orang Tua Siswa Berprestasi. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 236–242.
Nurrohimah, I., & Fatimah, I. S. (2022). Persepsi dan preferensi masyarakat terhadap tingkat kenyamanan taman merdeka metro sebagai ruang interaksi sosial di masa pandemi Covid-19. Jurnal Lanskap Indonesia, 14(1), 8–15.
Reski, N. (2021). Tingkat minat belajar siswa kelas IX SMPN 11 kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490.
Rosnawati, S. P. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Penerbit Adab.
Saâ, N. (2020). ANALISIS VALIDASI PENGEMBANGAN ANGKET MINAT SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 624–627.
Simbolon, A. B., & Hendrawan, D. (2022). Pengaruh Minat Olahraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Dunia Pendidikan, 2(2), 28–32.
Sinurat, R., Tanjung, D. S., Anzelina, D., & Abi, A. R. (2021). Analisis Cara Belajar Siswa Berprestasi Kelas IV di SDN 097376 Sippan. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 28–37.
Sulistyo, B., & Sceisarriya, V. M. (2021). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Pendukung Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Sepak Sila Cabang Olahraga Takraw. PENJAGA: Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 30–35.
Winetu, M., & Sujarwo, S. (2020). Partisipasi Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran Pjok Di SMP Eksperimental Mangunan Tahun 2019. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 9(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aluwis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.