UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nova Dwi Suwanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anatri Desstya Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34056

Keywords:

Hasil, Minat, Model

References

Anggraini, F. P., Surachman, A. I., & Pembelajaran, M. (2023). Model Learning Student Team Achievement Terhadap Minat Belajar Bahasa. 6, 890–894.

Fariana, A. N., Nahli, N. M., Herdiawal, H., Fuadi, A., & Nurjannah, N. (2022). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Fpb & Kpk Kelas V Sd Negeri. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 7(2), 1–7. https://doi.org/10.47435/jpdk.v7i2.995

Harefa, W. A. S., Harefa, A. R., Gulo, H., & Zega, N. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Lotu. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 6252–6260. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.14976

Kristiani, K. F., & Airlanda, G. S. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Divisions terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3150–3157. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1328

Nashiroh, F., Desstya, A., & Artik. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 707–719.

Nisa, R., Desstya, A., & Prasetyo, E. H. (2024). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1254–1264. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Nurjannah, Misdalina, & Hidayad, F. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Negeri 68 Palembang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7168–7175.

Putri, N. A., Sayekti, I. C., & Tasmun. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Kelas V SDN Kleco 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 189–203.

Putri, W. A. (2023). Faktor rendahnya minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 123–128. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3097

Sarah, C., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). FaktorFaktor yang Mempengaruhi Minat Belajar pada Mata Pelajaran Matematika di Gugus III Cakranegara. Progres Pendidikan, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.60

Shofiyyatunnisa, A., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Model Student Team Achievement Division (Stad) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Segiempat. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 20–30. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i1.269

Wahyuni, S., Rubingah, N., Hakiky, N., Wicaksono, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Mengukur Aspek Kognitif Siswa Sd Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 811–824. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1819

Wulandari, F., Mayasari, R., & Adrian, Y. (2022). Pengembangan Media IPA Berbasis Video Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kalimantan Selatan. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.33654/pgsd

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Suwanto, N. D. ., & Desstya, A. . (2024). UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12494–12502. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34056