EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CERITA RAKYAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33724Keywords:
Pembelajaran Bahasa Indonesia, Cerita Rakyat, Kemampuan Membaca, Sekolah Dasar, Metode PKMAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis cerita rakyat dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa Sekolah Dasar di SD Negeri 1 Poka Ambon. Pembelajaran berbasis cerita rakyat dianggap sebagai metode yang berpotensi meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa dengan memanfaatkan kekayaan budaya lokal. Metode Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PKM) digunakan dalam artikel ini, yang melibatkan pengembangan dan penerapan materi pembelajaran berbasis cerita rakyat dalam kurikulum Bahasa Indonesia di sekolah tersebut. Data dikumpulkan melalui tes membaca sebelum dan setelah penerapan metode serta observasi kelas untuk menilai perubahan dalam keterampilan membaca siswa. Hasil artikel menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran berbasis cerita rakyat. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi cerita rakyat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan keterampilan membaca mereka secara efektif. Artikel ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan berbasis budaya lokal dalam konteks pendidikan dasar.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Viona Sapulette, Everhard Markiano Solissa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.