EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 105 INPRES ALATENGAE

Authors

  • Khaera Ummah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ma’ruf Ma’ruf Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nashruddin Nashruddin Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32805

Keywords:

Model Pembelajaran, Guided Discovery, Hasil Belajar IPA.

References

Fajhri,M., & Effendi, H. (2023). Efektivitas Penerapan Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol 4 (2), 436-443.

Ismawati. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Guided discovery Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII MTS.N 1 Flores Timur. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Ma’ruf, Rizkah Fadliah, Hilmi Hambali. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan vol 3 (1), 142-158. DOI: https://doi.org/10.58192/sidu.v3i1.1763

Nashruddin, Wahyuddin Rauf. (2022). Tingkat Keefektifan Pembelajaran Online bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol 7 (2), 1-15. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.566

Permendikbudristek. (2022). Peraturan Mentri Pendidikan dan Budaya Riset dan Teknologi No. 16 tahun 2022 Pasal 9 Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah (Mendikbudristek).

Ratna. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil belajar IPA Menggunakan Model Guided Discovery Learning di Kelas IV SDN Pelabuhan 01 Kecematan Plandaan Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur. Skripsi tidak diterbitkan. Jombang. Universitas Negeri Jakarta.

Revianti, Coenraad. (2021). Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Turunan Dan Integral Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Palangka Raya Tahun 2020/2021. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang vol 12 (2), 713-724. DOI: https://doi.org/10.37304/jikt.v12i2.133

Rivaldi Cintya Fandani, Alfi Sahrina, Fatiya Rosyida, Bagus Setiabudi Wiwoho. (2024). Pengaruh Guided Discovery Learning Berbantuan Media Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal Praksis dan Dedikasi (JPDS) vol. 7 (1), 26-37. http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i1p26-37

Setiawan & Bahtiar. (2023). Monograf Metode Role Play Upaya Peningkatan Motivasi & Hasil Belajar Siswa. Medan: UMSU Press.

Setiawan, A., & Alimah, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Keaktifan Siswa. Profesi Pendidikan Dasar, vol 1 (1), 81-90.

Sulastri, S. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Guided discovery di kelas IV SDN 43 Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Guru, vol 4 (3), 1-13.

Sulistyowati, D.S. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Sistem Organisasi Kehidupan Melalui Model Guided Discovery Learning Kelas VII J SMPN 2 Demak. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, vol 14 (1), 65-78.

Trianto. (2020). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Grafika.

Ulfah, Siti, Mustaji, & Waspodo, T.S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Guided discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, vol 10 (2), 2339-2495.

Wibowo, T. 2019. Metode Diskovery Terbimbing (Guided Discovery) Konsep dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Sains MI/SD. Jurnal Elementary, vol 7 (1), 1-13.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Ummah , K. ., Ma’ruf, M., & Nashruddin, N. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 105 INPRES ALATENGAE . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11708–11715. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32805