PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI PEMEDIASI STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32731Keywords:
Leverage,Ukuran Perusahaan,Profitabilitas, Nilai PerusahaanAbstract
Nilai perusahaan merupakan hal yang sanagat penting bagi suatu perusahaan untuk pengukuran kinerja dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai Pemediasi pada pierusahaan industri barang konsumsi yang tierdaftar di Bursa iEfiek Indoniesia. Populasi pienielitian miencakup sieluruh pierusahaan industri barang konsumsi di Bursa iEfiek Indoniesia, siebanyak 88 pierusahaan dalam pieriodie 2018-2022. Sampiel diambil mienggunakan tieknik purposivie sampling, mienghasilkan 18 pierusahaan yang dianalisis. Tieknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan uji Sobiel. Hasil pienielitian mienunjukkan bahwa Lievieragie tidak bierpiengaruh signifikan tierhadap nilai pierusahaan, Ukuran pierusahaan bierpiengaruh niegatif signifikan tierhadap nilai pierusahaan, Lievieragie bierpiengaruh niegatif signifikan tierhadap profitabilitas, Ukuran pierusahaan miemiliki piengaruh positif dan signifikan tierhadap profitabilitas, Profitabilitas bierpiengaruh niegatif dan signifikan tierhadap nilai pierusahaan, Profitabilitas mampu miemiediasi piengaruh lievieragie tierhadap nilai pierusahaan. Profitabilitas mampu miemiediasi piengaruh ukuran pierusahaan tierhadap nilai pierusahaan.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Putu Diah Arika Dewi, Ni Luh Putu Wiagustini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.