PROFIL KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA TERINTEGRASI ETNOFISIKA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Authors

  • Lina Christi Alfiah Universitas Negeri Surabaya
  • Wasis Wasis Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32617

Keywords:

Profil Keterampilan Pemecahan Masalah, Etnofisika, Gamelan, Gelombang Bunyi.

Abstract

Menurut Noviatika et al., pada 2019 keterampilan pemecahan yang dimiliki oleh peserta didik di SMAN 2 Mataram berada dalam kategori rendah karena kurangnya tingkat pemahaman peserta didik mengenai konsep-konsep fisika. Pembelajaran fisika berorientasi pada keterampilan pemecahan masalah dapat diintegrasikan melalui pembelajaran etnofisika yang memiliki keterkaitan antara kebudayaan atau kearifan lokal dengan konsep fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil keterampilan pemecahan masalah peserta didik SMA pada materi gelombang bunyi terintegrasi etnofisika gamelan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek 72 peserta didik SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan SPSS untuk memperoleh data keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Profil keterampilan peserta didik menggunakan instrumen penilaian menunjukkan hasil sebagai berikut: sebanyak 15% memiliki tingkat keterampilan pemecahan masalah yang sangat rendah, 8% rendah, 47% sedang, 15% tinggi, serta 14% sangat tinggi. Aspek pemecahan yang masih rendah ada pada aspek check and evaluate dan yang paling tinggi ada pada aspek visualize the problem.

References

Abdulfattah, A; Supahar. 2019. The Development of High School Physics Problem Solving Skills Test Instruments Based Problem-Based Learning. Journal for The Education of Gifted Young Scientists, 7 (4), 1037-1052.

Assiddiqi, B. A., Nuraini, L., Murniati, M. E., Azura, S. H., Safitri, V., & Yuliyantika, Y. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran E-Learning Berbantuan Website Berdu. Id Pokok Bahasan Etnofisika. Jurnal Education and Development, 11(2), 95-100.

Erlangga, S. Y. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Materi Gelombang dan Bunyi Berbasis Local Wisdom Alat Musik Gamelan pada Mata kuliah Fisika Dasar. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(1), 90-98.

Griffin, P., & Care, E. (Eds.). (2014). Assessment and Teaching of 21st Century Skills: Methods and Approach. Springer.

Hidayat, S. R., Setyadin, A. H., Hermawan, H., Kaniawati, I., Suhendi, E., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 157-166.

Irma, J. M. dan Syamsu. 2016. Analisis Produktivitas Langkah-Langkah Siswa dalam Physics Problem Solving. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). 3(3): 30-37.

Lestari, P. E., Purwanto, A., & Sakti, I. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Konsep Usaha dan Energi di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 161-168.

Mufidaturosida, N. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori Heller pada Materi Fluida Dinamis di SMA IT Al-quraniyyah Kota Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Mustofa, M. & Rusdiana, Dadi. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Gerak Lurus. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. 2 (2). DOI: doi.org/10.21009/1.02203.

Noviatika, R., Gunawan, G., & Rokhmat, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mobile Pocket Book Fisika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 240-246.

Nurhasanah, N., Sutrio, S., Makhrus, M., & Susilawati, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi pada Pembelajaran Menggunakan Laboratorium Virtual Berbasis Web. Experiment: Journal of Science Education, 3(1), 17-23.

Opilah, B. S., Setiawan, I., & Hamdani, D. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Berorientasi Pada Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Konsep Gelombang Mekanik. Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika, 1(2), 106-113.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Puspitasari, N., & Setyarsih, W. (2019). Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik SMA Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) (Vol. 3, pp. 119-126).

Setiawan, A. (2022). Gamelan, Warisan Berharga dari Indonesia. Nusantara Institute.

Sulistyawati, Wiwik., Wahyudi., Trinuryono, Sabekti. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif di SMAN 1 Babadan Ponorogo). Kadikma, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 68-73, https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327.

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Alfiah, L. C. ., & Wasis, W. (2024). PROFIL KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA TERINTEGRASI ETNOFISIKA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 11436–11443. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32617

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.