STRATEGI GURU MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR PKN DI SMA NEGERI 18 MALUKU TENGAH

Authors

  • Risnawati Nakul Universitas Pattimura
  • Aisa Abas Universitas Pattimura
  • F Sialana Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32332

Keywords:

HOTS, Hasil Belajar, PKn.

Abstract

Strategi Guru Menerapkan Pembelajaran Berbasis HOTS Dalam mencapai Hasil Belajar PKn di SMA Negeri 18 Maluku Tengah. tujuan dalam penelitian ini, tidak lain adalah untuk mengkaji dan mengungkapkan lebih dalam mengenai Strategi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu gambaran atau lukisan secara sistematis faktual dan akurat tentang fakta-fakta dilapangan yang berhubungan dengan hal-hal dilapangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses pembelajaran berbasis HOTS dapat diterapkan dengan menggunakan 3 cara yaitu pendahuluan, inti, penutup, dengan awalnya pendahuluan guru masuk dikelas memberikan salam cek seluru keadaan Rungan dan siswa kemudian guru melakukan Apersepsi karena HOTS sangat terlihat saat melakukan Apersepsi, inti guru melakukan proses pembelajaran cerama dan mengunakan metode, diskusi, presentasi,tanya jawab, membuat tugas dan pada kegiatan penutup guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan materi yang telah diberikan. Siswa juga harus mempersiapkan diri untuk melakukan proses pembelajaran berbasis HOTS. Pembelajaran berbasis HOTS juga memberikan dampak baik terhadap ketuntasan hasil belajar siswa.

References

Aminah, S., & Rohayati, A. (2021).Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Hots Geometri Berdasarkan Prestasi Belajar. Pelita: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 21(1), 141-151.

Astawa, I. B. M. (2015). Memahami Kewajiban Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Media komunikasi geografi, 16(1).

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124.

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (higher order thinking skill) di sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1-11.

Hermida, H. (2017). Penggunaan Metode Poster Coment untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Siswa Kelas IV SD Negeri 012 Koto Kari. GERAM, 5(2), 62-68.

Heri MariaZulfiati. Peran dan fungsi guru Sekolah Dasar dalam memajukan dunia pendidikan. Trihayu, 2014, 1.1: 259005.

Khotimah, H. (2022). strategi pembelajaran di abad ke-21.

Kusumastuti, I., Fauziati, E., & Marmanto, S. (2019). Challenges for higher-order thinking skill (HOTS) implementation: Reports from EFL classroom teachers. International Journal of Language Teaching and Education, 3(2), 108-117.

Manalu, A. (2021, June). Penguatan Wawasan Guru Tentang Penerapan Model Pembelajaran Berorientasi Hots (Higher Order Thingking Skill) Bagi Guru Sma Swasta Bintang Timur Pematangsiantar.In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian (Vol. 4, No. 1, Pp. 460-467).

Matondang, Z. Mengoptimalkan Mutu Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas. -.

Memolo, T. (2019).Konstruksi Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Dalam Pembelajaran Matematika Smp. Edusaintek, 3.

Muhtarom, H., Kurniasih, D., & Andi, A. (2020). Pembelajaran Sejarah Yang Aktif, Kreatif Dan Inovatif Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 3(1).

Mursid, R. (2013). Pengembangan model pembelajaran praktik berbasis kompetensi berorientasi produksi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1).

Sagala, S. (2009).Administrasi pendidikan kontemporer.

Saputra, A., Ayub, D., & Wilson, W. Pelaksanaan Pendidikan Kepada Anak Penyandang Kanker di Yayasan Kasih Anak Kanker Riau Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Sarah, F., Khaldun, F., & Gani, A. (2021). The Development Higher Order Thinking Skill (Hots) As Questions In Chemistry Study (Solubility And Solubility Product Constant). Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 9(1), 2021-51.

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016).Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189-197.

UU NO. 19 tahun 2005 pasal 28 ayat 3 tentang kompetensi kepribadian.Tersedia :Kompetensi Adalah: Pengertian, Jenis, Macam, Manfaat, Contoh (pakdosen.co.id)

UU NO.14 tahun 2004 Tentang Guru. Tersedia : Uu No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen [Jdih Bpk Ri] Diakses Pada 04 Oktober 2022

Waluyo, S. Model Pembelajaran Crossword Puzzle Di Smp Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Nakul, R. ., Abas, A. ., & Sialana, F. . (2024). STRATEGI GURU MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR PKN DI SMA NEGERI 18 MALUKU TENGAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11541–11550. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32332