KEMAMPUAN SEKOLAH MELAKSANAKAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) TENTANG PENGETAHUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 MOLU MARU

Authors

  • Bruce Edison Wuarlela Universitas Pattimura
  • Aisa Abas Universitas Pattimura
  • Fatima Sialana Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33492

Keywords:

Asesmen, Kompetensi, Minimum

Abstract

Pendidikan memberikan ruang bagi setiap orang untuk dapat berpartisipasi dalam mengembangkan diri menjadi lebih baik, dalam hal ini tidak memberi batasan bagi setiap orang sehingga terciptanya generasi muda yang cerdas. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai Kemampuan Sekolah Melaksanakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Tentang Literasi dan Numerasi Pada Peserta Didik SMP Negeri 1 Molu Maru. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif yakni penelitian dengan menggambarkan kondisi yang ada di lapangan sehingga dapat mempermuda peneliti untuk mendapatkan informasi dengan data yang lebih jelas, akurat dan terpercaya. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan tes kemampuan tidak dapat dilaksanakan pada SMP Negeri 1 Molu-Maru karena keterbatasan sarana prasarana. Sehingga tes kemampuan (AKM) dilaksanakan pada sekolah yang layak untuk berlangsungnya proses Tes Asesmen.  Berkaitan dengan prosesnya dewan guru SMP Negeri 1 Molu-Maru tidak bisa membantu siswa-siswi karena ada tim yang di sediakan oleh Asesmen. untuk mengkontrol pelaksanaan AKM tersebut, guru hanya membantu saat siswa awal login di akun untuk tes AKM

References

Ahmad, Deni Nasir, Luluk Setyowati, and Aster Pujaning Ati(2021). "Kemampuan Guru dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk Mengetahui Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik." Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 7.1

Dhina Cahya Rohim, Septina Rahmawati, Inggrid Dyah Ganestri,(july 2021)“Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi NumerasiSiswa Sekolah Menengah”, Jurnal Varidika, vol. 33, no. 1.

Kartina, Kartina, Missriani Missriani, and Yessi Fitriani.(2022): "Peningkatan kemampuan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) literasi siswa melalui pendekatan saintifik SMP Negeri 2 Payaraman." Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan20.1: 128-139.

Kemdikbud RI. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran-Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan-Kemdikbud.

Kemdikbud RI. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM Literasi Membaca Numerasi. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran-Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan-Kemdikbud.

Kemdikbud RI. (2020). Petunjuk Teknis Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional 2021. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran-Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan-Kemdikbud.

Kemdikbud RI. (2020). Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran-Badan Penelitian dan Pengembangan dan PerbukuanKemdikbud.

Kemdikbud RI. (2020). Asesmen Nasional Lembar Tanya Jawab. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran-Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan-Kemdikbud. Komariah, A. dan Triana, C. (2008). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohim, D.C., 2021. Konsep asesmen kompetensi minimum untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah Menengah . Jurnal Varidika, 33(1), pp.54-62.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Wuarlela, B. E. ., Abas, A. ., & Sialana, F. . (2024). KEMAMPUAN SEKOLAH MELAKSANAKAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) TENTANG PENGETAHUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 MOLU MARU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14350–14360. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33492