PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP NIAT BELI (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK SCARLETT DI KOTA DENPASAR)

Authors

  • Ni Nyoman Indah Kurnia Putri Universitas Udayana
  • Ni Made Wulandaari Kusumadewi Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32178

Keywords:

Brand Image Brand Ambassador, Niat Beli

Abstract

Perkembangan industri di Indonesia berkembang pesat, khususnya pada instrustri perawatan kulit (skincare), salah satu skincare lokal yang yang terus berusaha untuk berinovasi adalah Scarlett, Scarlett bekerja sama dengan menghadirkan brand ambassador bertujuan untuk meningkatkan brand image dari produknya agar mampu meningkatkan niat beli dari calon konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran brand image memediasi pengaruh brand ambassador terhadap niat beli produk Scarlett. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar. Sampel ditentukan sebanyak 120 sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dengan kriteria yang telah ditentukan. Instrumen penelitian diukur menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial, analisis inferensial yang digunakan adalah analisis jalur, uji sobel dan uji VAF. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis terbukti bahwa brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, brand ambassador berpengaruh positif dan signfikan terhadap brand image, brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, brand image dapat memediasi secara parsial pengaruh brand ambassador terhadap niat beli produk Scarlett di Kota Denpasar.

References

Aliffia, S. & Purnama, H. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Song Joong-Ki Terhadap Brand Image Scarlett Whitening. e-Proceeding of Management : Vol.9, No.2

Aini, R. N. (2020) Analisis Perilaku Konsumen, Produsen, dan Pasar dalam Islam pada Masyarakat, Journal of Islamic Economics and Finance Studies, Volume 1, No. 2 pp. 213-229 DOI. http://dx.doi.org/10.47700/jiefes.v1i2.2083.

Aprianti, W. & Tjiptodjojo, W, K. (2023) Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening, JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) (eISSN: 2614-8854) Volume 6, Nomor 2.

Alicia, C., & Siagian, V. (2020). Pengaruh Brand Image dan Karakteristik Produk Laneige Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomis, 13(4b), 3-16

Antari, N. W. V. D. & Nurcaya, I. N. (2022) Pengaruh WOM terhadap Niat Beli Konsumen Melalui Brand Image sebagai Variabel Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 11, No. 3, 2022 : 590-613 DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i03.p09

Arini, P. E. & Sudiksa, I. B. (2019) Peran Persepsi Harga dalam Memediasi Brand Image terhadap Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 8, No. 3, 2019: 1665 – 1695.

Ahmad, A. H. J. et al., (2019) The Impact of Young Celebrity Endorsements in Social Media Advertisements and Brand Image Towards the Purchase Intention of Young Consumers. International Journal of Financial Research, Vol. 10, No. 5

Ajnya, I. G. A. A. M. S. N. & Jatra,I. M. (2024) Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Niat Beli Produk. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.io1.p06.

Andini,P. N. & Lestari,M. T. (2021). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Tokopedia. e-Proceeding of Management, 8 (2), hal. 2074-2081

Dulek, D. & Saydan, R. (2019). The Impact of Social Media Advertisment Awareness on Brand Awarness, Brand Image, Brand Attitude adn Brand Loyalty: A Research on University Students. International Journal of Contemporary Economics and Administrative Sciences.

Dirnamika. et al., (2024). The Influence of Islamic Branding and Brand Ambassadors on Purchase Intention at Tokopedia. Internasional Journal of Engineering Business and Social Science, Vol. 2.

Dewi, F. et al., (2021) The Effect of Brand Image, Brand Ambassador, and Product Quality on the Purchase Decision of Mustika Ratu Products (Study on Sriwijaya University Students). International Journal of Social Sciences, 4(1), 182-189. https://doi.org/10.31295/ijss.v4n1.1657. Febriati, I. G. A. U. & Respati, N. N. R. (2020). The Effect of Celebrity Endorser Credibility and Product Quality Mediated by Brand Image on Purchase Intention, American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR) e-ISSN :2378-703X Volume-4, Issue-3,

pp-464-470.9

Fitrianto, E. M. (2020). Brand ambassador Performance and the Effect to Consumer Decision Using VisCAP Model on Online Marketplace in Indonesia. Sriwijaya International Journal Of Dynamic Economics And Business.

Garvin, D. (2007). Managing Quality: The Strategic and Competitive Edge. New York: Free Press. Ginanjar, R. & Suwitho, S. (2020) The Influence of Brand Image, Brand Awareness, Perceived

Quality on School Shoes Purchase Intention. International Conference on Business & Social Sciences (ICOBUSS).

Gultom, S. B., & Sari, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink terhadap Brand Image E- commerce Shopee. eProceedings of Management.

Hafilah, N.E. & Chaer,V. P. (2021) The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, Product Quality, and Price on Purchase Decisions Samsung Smartphones. E- Jurnal of Economics, University of Jakarta.

Ilaisyah, H. L., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Pendidikan Tata Niaga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Global edition (Global). Harlow: Pearson Education Limited.

Kameswara, I. G. A. R. & Respati, N. N. R. (2022). Brand Image dalam Memediasi Pengaruh EWOM terhadap Niat Beli Konsumen pada Sepeda Motor Honda ADV. E- Jurnal Manajemen Universitas Udayana. DOT: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i05.p08

Kennedy, John E. & Soemanagara, R. Dermawan (2006). Marketing Communication: Taktik & Strategi. Jakarta; Bhuana Ilmu Populer.

Lea-Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communications. John Wiley & Sons.

Laraswanti, N. & S. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust dan Variety of Selection Terhadap Minat Beli Body Lotion Scarlett Whitening (Studi Kabupaten Kebumen). E- Jurnal Manajemen Universitas Putra Bangsa..

Mbete, G. S. & Tanamal,R. (2020). Effect of Easiness, Service Quality, Price, Trust of Quality of Information, and Brand Image of Consumer Purchase Decision on Shopee Online Purchase. E- jurnal Informatika Universitas Pamulang.

Mahiri, E. A. (2020). Pengaruh Brand Image dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 227-238.

Nisa, C. & Pramesti, C. A. (2019). How Do Effective Digital Marketing and Brand Ambassador Stimulate Purchase Intention Today. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 436.

Nurlestari, D. M., Hari, P., & Sidanti, H. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Konsumen Produk Scarlett Whitening Di Kota Madiun). In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 4).

Nurunnisha, G. A. & Roespinoedji, R. (2021) Female Students Perceptions on The Effect of Country of Origin, Brand Ambassador on Purchase Intentions: A Study on The Geographical Origin of

Tokopedia E-Commerce Company, Indonesia, Review of International Geographical Education (RIGEO), 11(1), 573-582. doi: 10.48047/rigeo.11.1.41.

Putri, Y. I. & Utami, F. N. (2021). The Influence of Brand Ambassador on E-Commerce Purchase Intention.

Pratama, A. A & Rubiyanti, N. (2023). Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Twice Terhadap Brand Image Scarlett Whitening. e-Proceeding of Management.

Pramono, C. A. (2021). The Influence of Alertness to Business Ideas, Entrepreneurial Opportunities Towards Start-Up Behavior Through Intention Towards Entrepreneurship. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology.

Pramesti, I. A. C & Rahanatha, G. B (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Word of Mouth (WOM) terhadap Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8, (1). DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i1.p5

Rajasekar, D. (2018). A Study on Purchase Decisions of Celebrity Endorsement on Advertising Campaign in Influencing Consumer. International Journal of Supply Chain Management IJSCM, ISSN: 2050-7399.

Roisah, R. & Meliawati, Y. (2021). Meningkatkan Minat Beli Melalui Brand Ambassador, Service Management Triangle. Jurnal Manajemen Jasa.

Sanjiwani, N. M. D., & Suasana, I. Gst. A. Kt. Gd. (2019). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8 (11) DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p17

Simamora, B. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen

Temaja, G. A., & Yasa, N. N. K. (2019). The Influence of Word of Mouth on Brand Imange and Purchase Intention (A study on the potential customers of Kakiang Garden Cafe Ubud). International Journal of Business Management and Economic Research(IJBMER), 10(1), 1552– 1560. www.ijbmer.com

Tariq, M., Abbas, T., Abrar, M., & Iqbal, A. (2017). EWOM and brand awareness impact on consumer purchase intention: Mediating role of brand image. Pakistan Administrative Review.

Usman, O. & Aryani, Y. (2021). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, Product Quality, and Price on Purchase Intention. E- Jurnal of Faculty of Economics, University of Jakarta.

Valma, P. S. et al., (2022) The Influence of Brand Ambassador and Social Media Marketing on Purchase Intention Through Brand Image (Study on Consumers Sang Dewa Snack). International Journal Of Humanities Education And Social Sciences (IJHESS)

Wulandari, S. P. et al., (2021) Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Purchase Intention yang dimediasi Brand Image dan Brand Awareness. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis.

Wardani, A. A. K. & Istiyanto, B. (2021). Peran Brand Ambassador, Brand Image, dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Co-Branding Samsung X BTS). E- Jurnal Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta.

Waluyo, R. K., & Suwitho, S. (2022). Pengaruh Sales Promotion, Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Tokopedia. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM).

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Putri, N. N. I. K. ., & Kusumadewi, N. M. W. (2024). PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP NIAT BELI (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK SCARLETT DI KOTA DENPASAR). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12232–12240. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32178