OPTIMALISASI PENGGUNAAN CHATGPT DALAM PENULISAN ARTIKEL MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31548Keywords:
Chat GPT, AI, Penulisan Artikel.Abstract
Penelitian ini menyelidiki efektivitas ChatGPT dalam memfasilitasi penulisan artikel penelitian di bidang pendidikan bahasa Inggris. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sampel data dianalisis menggunakan Turnitin untuk mendeteksi tingkat plagiarisme dalam artikel yang dihasilkan ChatGPT. Namun, penelitian ini terkendala oleh jumlah sampel;yang dibatasi karena terbatasnya sumber daya dan waktu. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi kegunaan ChatGPT dalam meningkatkan kualitas artikel penelitian pendidikan bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana mengoptimalkan penggunaan ChatGPT dalam membantu proses penulisan artikel ilmiah pada bidang pendidikan Bahasa Inggris serta apakah apakah ChatGPT mampu meningkatkan kualitas dalam penulisan artikel ilmiah yang dihasilkan. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi pada penelitian terbaru tentang fungsi ChatGPT dalam mendukung proses penulisan artikel ilmiah dalam penelitian pendidikan bahasa Inggris, serta memberikan masukan untuk peneliti lain atau untuk guru dan dosen dalam menggunakan ChatGPT sebagai alat bantu dalam proses penulisan artikel ilmiah.References
Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.
Ali, M. M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), 1–5.
Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir). Penerbit K-Media.
BKF, B. B., Handoyo, G. A. S., Gerald, C. J., Gulo, Y. R. W., Wijaya, A. C. R., Ong, M. P., Shandira, M. N., Sari, T. S. N., & Ningsih, D. E. (n.d.). ChatGPT dalam Pendidikan. SIEGA Publisher.
Dewi, K. A. T. S., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Teori Behavioristik: Meninjau Penyebab Keterlambatan Belajar Membaca Menulis pada Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 174–181.
Faldi, M. R. R., Prafitasari, A. N., & Soelfiah, A. (2024). Chat Gpt: Improving Biology Learning Outcomes Problem-Based Learning Assisted Artificial Intelligence. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 14(2), 217–225.
Gleneagles, D. B., Larasyifa, F., & Fawaiz, R. (2024). Peran Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Belajar dan Pembelajaran. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 107–116.
Hadian, T., Pkim, M., & Rahmi, E. (2023). Berteman dengan ChatGPT: Sebuah Transformasi dalam Pendidikan. Edu Publisher.
Hatmanto, E. D. (n.d.). Revolusi Pembelajaran Bahasa Inggris: Menggali Potensi Transformatif Chat GPT. Inovasi Dan Daya Saing Dalam Linguistik Dan Pembelajaran Bahasa Asing Masa Kini, 102.
Inayah, M. P. (2024). PEMBELAJARAN SILENT READING MAHASISWA UIN WALISONGO SEMARANG. LITERASI DAN BAHASA, 29.
Indriani, A., Trisnawati, R., Asriani, R. W., & Ningsih, R. (2024). Analisis Potensi Chat GPT Dalam Mendukung Pembelajaran Pai: Perspektif Kajian Literatur. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 11598–11608.
Jenita, J., Saputra, A. M. A., Salwa, S., Wijayanto, G. W., Asri, H., & Novandalina, A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Menyusun Artikel Ilmiah Terindeks Sinta. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10292–10299.
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201.
Merentek, T. C., Usoh, E. J., & Lengkong, J. S. J. (2023). Implementasi Kecerdasan Buatan ChatGPT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26862–26869.
Muliana, I. N. (2020). Mengatasi kesulitan dalam berbahasa inggris. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 56–63.
Rachbini, W., Permana, E., & Rahmawati, E. (2023). Skripsi Ngebut Pake ChatGPT-Tesis & Disertasi Boleh Ikut. CV. AA. Rizky.
Riyantika, D. (2019). ANALISIS GAYA RETORIKA BAGIAN HASIL DAN PEMBAHASAN ARTIKEL JURNAL GRAMATIKA BIDANG PENGAJARAN BAHASA.
Sari, B. P. (2017). Analisis struktur retorika dan fitur linguistik bagian pendahuluan artikel jurnal penelitian berbahasa Indonesia dalam bidang ilmu teknologi. Wacana: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 15(2), 127–138.
Subiyantoro, H., Hartono, R., Fitriati, S. W., & Faridi, A. (2023). Dampak kecerdasan buatan (AI) terhadap pengajaran Bahasa Inggris di perguruan tinggi: Tantangan dan peluang. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 6(1), 346–349.
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166.
Surachman, A., Putri, D. E., & Nugroho, A. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital Tantangan dan Peluang. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 52–63.
Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1–12.
Syahira, S., Kartini, K., Sulistyahadi, S., & Prafiadi, S. (2023). Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Tentang Penggunaan Ai Dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(2), 263–269.
Thormundsson, B. (2023). Artificial intelligence (AI) market size worldwide in 2021 with a forecast until 2030. Statista,[Online] Available at:< Https://Www. Statista. Com/Statistics/1365145/Artificial-Intelligence-Market-Size>.[Accessed 01 November 2023].
Veddayana, C., Romadhon, S., Aldresti, F., & Suyono, S. (2023). Rasionalitas Implementasi Chat GPT dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 443–452.
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Utami Rosalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.