IMPLEMENTASI PROGRAM BINA SANTRI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA

Authors

  • Wahyu Hidayat Universitas Islam Jakarta
  • Ishak Syairozi Syairozi Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31545

Keywords:

Pembentukan Karakter, Bina Santri, Pendidikan Keagamaan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah kenakalan remaja seperti tawuran, bullying, minum-minuman keras dan sebagainya. Oleh sebab itu, maka remaja harus di didik dengan serius guna membentuk karakter yang ideal untuk menjadi generasi yang akan datang dan menjadi bermanfaat untuk bangsa dan negara. Untuk itu penelitian ini berusaha untuk mengungkapkan implementasi program bina santri dalam pembentukan karakter peserta didik SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta, dengan tujuan mengungkap program bina santri dalam upaya pembentukan karakter siswa di sekolah. penelitian ini menggunakan metode penelitian field research atau penelitian lapangan, dengan sumber data primer dan skunder dan Teknik pengumpulan data nya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, serta dipastikan dengan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini berupa strategi dalam membentuk karakter siswa melalui bina santri dengan pembiasaan ibadah seperti sholat duha, pembacaan tahlil, dan muhadoroh menunjukkan pendekatan yang efektif dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan dan kepribadian siswa. Melalui kegiatan-kegiatan ini, siswa belajar menjadi individu yang bertanggung jawab, berani, dan memiliki nilai-nilai moral yang tinggi, menunjukkan peningkatan dalam disiplin diri, kesabaran, dan kepedulian terhadap sesama, serta menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan ide-ide mereka.

References

Akhir Pardamean Harahap, M. H. (2023). Implementasi Bimbingan Konseling Islam terhadap Kenakalan Remaja di Era Dgital. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 3634-3644.

Ellen Mahendra Agatha, D. C. (2023). Program Pendayagunaan Masyarakat Pada Kegiatan Lmii Innovation Weeks 2023. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 234-237.

Mujtahid. (2016). Model Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Terintegrasi Dalam Perkuliahan Pada Jurusan PAI-FTIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal Ulul Albab, 17(2), 230-252.

R. Sunnah, D. N. (2020). Pembinaan Kesehatan Mental Di Era Digital Untuk Remaja . Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 49-55.

Rohim, A. (2020). Kegiatan Sholat Dhuha Berjamaah dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 21-22.

Santi Shofiyah, H. (2022). Pembiasaan Shalat Dhuha Sebagai Medium Pembentukan Karakter Rabbani Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Ahmad Yani Jabung. Journal Islamic Studies, 3(2), 75-88.

Wahyuno, N. (2017). Hubungan sahalat dhuha dengan kecerdasan emosional. Jurnal Pendidikan Islam Tadarus, 125-148.

Yogi Nugrahaa, L. R. (2018). Faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan karakter disiplin siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 64-70.

Zakiyah, Z. &. (2020). Efektifitas pembinaan religiusitas lansia terhadap perilaku keagamaan (Studi pada lansia Aisyiyah Daerah Banyumas). Jurnal Pemikiran Islam, 69-80.

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

Hidayat, W. ., & Syairozi, I. S. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM BINA SANTRI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10095–10098. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31545

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.