PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL UNTUK MEMBANGUN KERJASAMA TIM DALAM PROSES PERENCANAAN PENDIDIKAN

Authors

  • Irfan Rahmatullah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wahyu Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39563

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Kerjasama Tim, Perencanaan Pendidikan

Abstract

Peran kepemimpinan transformasioal untuk membangun kerjasama tim merupakan kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan organisasi termasuk dalam dunia pendidikan. Tujuan utama dari penenlitian ini adalah untuk menggali pemahaman yang komperhensif mengenai peran kepemimpinan transformasional dapat membangun Kerjasama tim dalam proses perencanaan Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggali data melalui wawancara, observsi, dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMP Plus Babussalam telah berhasil membangun kerjasam tim yang kuat dalam proses perencanaan Pendidikan. Hal ini ditujukkan oleh peningkatan komunikasi, partisipasi, komitmen, dan inovasi diantara anggota tim. Namun, perlu dilakukan rangkaian Tindakan berkelanjutan untuk menangani tantangan yang dihadapi seperti memberikan pelatihan kepada guru dan memberikan dukungan yang besar terhadap kegiatan perencanaan agar mencapai tujuan Pendidikan yang ingin dicapai.

References

Ara Hidayat dan Imam Machali. 2012. Pengelolaan Pendidikan Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah. Yogyakarta: Kaukaba.

Arsyad, Safnil dkk. 2016. “Kepemimpinan Transformasional.” Journal Internasional 34:163–78.

Damayanti dan Modjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Renika Cipta.

Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Supervisi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Fiskariani Yustin Marlina, Tika Santika, Sutarjo. 2020. “Pola Pengasuhan Anak Dalam Pembentukan Karakter Di Taman Penitipan Anak (TPA) Cendana Asih.” Journalof Community Education 1 (2): 100.

Hamid, Moh SHoleh. 2011. Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press.

Juniarti, E, N Ahyani, and A Ardiansyah. 2020. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru.” Journal of Education Research. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/21.

Kahar Utsman & Nadhirin. 2008. Perencanaan Pendidikan, Kudus. Kudus: IAIN Kudus.

Ramayulsi. 2013. Pendidikan Islam.

Richard Y. Chang dan Mark J. 2001. “Membangun Tim Mandiri.” In PMM, 12.

Siti Fatimah. 2015. Manajemen Kepemimpinan Islam. Bandung: Alfabeta.

Sri wiranti Setiyanti. 2012. “Membagun Kerjasama TIM (Kelompok).” Jurnal STIE Semarang 4 (3): 64.

Suci Indiani, Onsardi. 2024. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kerjasama Tim Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Di PT. Agricinal.” Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains 5 (1): 333.

Suparman. 2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Guru. Ponorogo: Inspirasi Indonesia.

Udin Syaefudin Sa’ud, Et.al. 2011. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Rahmatullah, I., & Hidayat, W. . (2024). PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL UNTUK MEMBANGUN KERJASAMA TIM DALAM PROSES PERENCANAAN PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 18079–18086. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39563

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.