PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAMES SNAKE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS II SDN 1 PENUKAL UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31540Keywords:
Media Pembelajaran Games Snake, Hasil BelajarAbstract
Pada saat memahami materi pembelajaran sangat dibutuhkan media pembelajaran yang efektif dan inovatif salah satunya yaitu media pembelajaran games snake. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh media games snake terhadap hasil belajar matematika Siswa di kelas II SD. 2) untuk mengetahui respon siswa dalam penggunaan media pembelajaran games snake. Jenis penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design. Desain penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah Siswa kelas II di SDN 1 Penukal Utara, sampel penelitian ini adalah kelas II A sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebagai kelas kontrol di SDN 1 Penukal Utara. Instrumen dalam penelitian ini adalah rubik penilaian, lembar soal tes dan format dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar sebelum perlakuan (pre-test) diperoleh nilai rata-rata sebesar 44,67 maksimum 61 dan nilai minimum 38 dengan kategori kurang, adapun hasil belajar setelah perlakuan (post-test) diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,2 maksimum 73 dan nilai minimum 55 dengan kategori baik, 2) Hasil uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 22 dengan statistik uji Annova menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05References
Halifah, S. 2020. Pentingnya Bermain Peran Dalam Proses Pembelajaran Anak. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3).
Nurfadhillah, S. 2021. MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. 2020. Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.
Wijayanti, A., & Yanto, A. 2023. Pembelajaran Matematika Menyenangkan di SD Melalui Permainan. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 18-23.
Sugiyono. 2020. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wiwin Destalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.