STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN PARIWISATA LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31431Keywords:
Pariwisata Lokal, Pemasaran, StrategiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi pemasaran pariwisata yang efektif dan berkelanjutan untuk meningkatkan daya tarik pariwisata lokal. Metode library research sebagai teknik untuk mengumpulkan data dari sumber tertulis seperti buku, jurnal ilmiah, dan laporan penelitian yang relevan dengan topik strategi pemasaran pariwisata. Peneliti mengidentifikasi dan menganalisis literatur secara sistematis untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang elemen bauran pemasaran, strategi branding, dan peran teknologi dalam pemasaran pariwisata. Informasi yang diperoleh kemudian diorganisir dan disintesis untuk mengembangkan rekomendasi strategi pemasaran pariwisata yang efektif dan berkelanjutan bagi pengembangan pariwisata lokal di Indonesia. Penelitian ini menemukan bahwa infrastruktur yang buruk, seperti jalan rusak dan fasilitas umum yang tidak terawat, menjadi keluhan utama wisatawan yang mengurangi daya tarik destinasi wisata. Kurangnya promosi dan publikasi menyebabkan banyak destinasi potensial tidak dikenal oleh wisatawan. Kualitas SDM dalam sektor pariwisata juga perlu ditingkatkan untuk meningkatkan profesionalisme dan keterampilan pelayanan. Kebijakan pemerintah yang tumpang tindih dan prosedur birokrasi yang rumit menghambat investasi dan pengembangan fasilitas pariwisata. Analisis SWOT menunjukkan keindahan alam dan budaya lokal sebagai kekuatan, namun infrastruktur buruk dan layanan rendah sebagai kelemahan, dengan peluang di ekowisata dan agrowisata, serta ancaman dari kerusakan lingkungan dan persaingan regional. Penerapan bauran pemasaran yang efektif, peningkatan kualitas layanan, dan perbaikan fasilitas diperlukan untuk meningkatkan daya tarik destinasi wisata.References
Agung, M. A., Pramono, A., Putra, N. P., Syarif, A., & Pradana, M. R. A. (2023). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Pelanggan Centra Fitness Bandar Lampung. Jurnal Relevansi: Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 74–86.
Connaway, L. S., & Radford, M. L. (2021). Research methods in library and information science. Bloomsbury Publishing USA.
Dahoklory, M., Jamlaay, M., & Alyona, C. (2022). Strategi Pemasaran Pariwisata Dan Produk Ekonomi Lokal Desa Larike Berbasis E-Commerce. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT IRON, 5(1), 444–456.
Gunadi, M. I., Gumilar, G. G., & Febriantin, K. (2023). MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA PADA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KARAWANG. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(2), 412–424.
Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap pendapatan nasional pada sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135.
Helpiastuti, S. B. (2019). Pengembangan destinasi pariwisata kreatif melalui pasar lumpur. Journal of Tourism and Creativity, 2(1).
Liliani, D. (2023). Analisis pengelolaan objek wisata oleh dinas kepemudaan olahraga dan pariwisata Kabupaten Lampung Barat. Jurnal Socia Logica, 3(1), 22–32.
Manullang, B. N., & Barusman, T. M. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Bukit Muncak Temiangan Kabupaten Lampung Barat. Jurnal EMT KITA, 8(1), 32–41.
Mourboy, M., Aritonang, A., & Putriana, L. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis pada Apotek (Studi Kasus Apotek Citra 1 dan Apotek Holong). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(7), 9471–9491.
Ohorella, N. R., & Prihantoro, E. (2021). Pengembangan branding pariwisata Maluku berbasis kearifan lokal. Jurnal Komunikasi, 16(1), 89–99.
Paramita, N., Suci, R. P., Bahri, S., Permana, D., Chaerani, A., & Rahmawati, W. (2024). Pendampingan Strategi Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Tarik Wisata Kampung Gerabah Penanggungan. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(1), 152–159.
Prambayun, A., Oktaviany, D., & Achmad, Y. F. (2022). Analisis Potensi Virtual reality sebagai Strategi Pemasaran Pariwisata Kota Pagar Alam. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(3), 2641–2651.
Prastiani, N., & Pratiwi, R. Z. (2020). Promosi dan pemasaran pariwisata objek wisata Tirta Sinongko dalam upaya menarik wisatawan. Profesi Humas, 5(1), 38–57.
Rahayu, N. S., & Muafiah, E. (2022). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Siswa dalam Memilih Sekolah di SMAN 1 Pulung. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(01), 209–222.
Rahma, A. N., & Pradhanawati, A. (2018). strategi bersaing produk ukm lunpia dengan menggunakan analisis five forces porter dan SWOT (kasus pada UKM lunpia kings semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 171–185.
Rahmawati, S. (2019). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Bisnis Toko Surabaya Ampel Kota Kediri. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 1(2), 90–117.
Rubin, R. E., & Rubin, R. G. (2020). Foundations of library and information science. American Library Association.
Saraswati, H. D., & Afifi, S. (2022). Strategi komunikasi pemasaran pariwisata di masa pandemi COVID-19. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(2), 138–155.
Sentanu, I. G. E. P. S., & Mahadiansar, M. (2020). Memperkuat peran pemerintah daerah: Mengelola pariwisata lokal yang berkelanjutan. Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN), 8(1), 1–20.
Sibarani, G. M. P. D. (2018). Analisis Strategi Bersaing Pada Perusahaan PT. Diamond Emas Sentosa Malang Menggunakan Metode SWOT-QSPM. Universitas Brawijaya.
Sugiarti, R., Margana, M., & Muthmainah, M. (2018). Pengembangan Wisata Kriya Berbasis Kreasi dan Inovasi di Sentra Industri Kerajinan Kulit Kabupaten Magetan. Cakra Wisata, 21(1).
Sugiyarto, S., & Amaruli, R. J. (2018). Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 45–52.
Sunyoto, D., & Martanto, E. (2024). Manajemen Pariwisata Lokal Berkelanjutan.
Tihurua, L. S. (2022). Penerapan strategi bauran pemasaran (marketing mix) pada Jazz Coffee Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Yakup, A. P. (2019). Pengaruh sektor pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Universitas Airlangga.
Zakki, M., Eko, A., & Marsokan, P. (2023). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Sekolah Tinggi Agama Islam Al Falah (STAIFA) Pamekasan Dengan Pendekatan Bauran Pemasaran (Marketing Mix). COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 137–147.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ramdhan Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.